Assalamualaikum teman-teman kembali lagi dengan saya Fawzian Prannanda Jusianto, dari Ilmu komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kali ini dalam tulisan ini saya akan membahas tentang apa itu Conten Creator yang sekarang banyak digemari anak zaman sekarang, dan jika ditanya cita-citanya pasti dari 10 anak yang menjawab 5 diantaranya akan menjawab ini menjadi YouTuber atau orang yang bergelut di bidang pembuatan Conten. Untuk mempersingkat waktu langsung saja saya akan menjelaskan Apa itu Conten Creator.
Content Creator Secara sederhana dan harfiah, bisa diartikan sebagai orang yang membuat konten yang dipulikasikan atau disebarkan ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti YouTube, Instagram, atau Facebook. Content creator bisah dikatakan sebagai senimana digital, karena dalam karya-karya yang dibuatnya selelu berhubungan dengan media sosisal atau dunia jejaring internet. Karya-karya yang bisah kita lihat oleh dari apa yang diciptakan sebagai content cerator contohnya seperti dalam bembuatan video-video yang berda di YouTube dan Iklan-iklan yang berada di televisi atau media sosial itu adalah beberapa karya yang dicitakan oleh seorang content creator.
Dalam era digital saat ini, merupakan masa dimana hampir semuah bidang telah dimudahkan dengan adanya teknologi dan juga internet. Era digital adalah sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Salah satu contoh yang paling dekat dan pastinya semuah orang tahu adadalah bagaimana internet telah mengubah banyak hal. Tidak hanya mengubah bagaiamana seseorang dalam berkomunikasi dan berinteraksi, tapi juga berhasil mempengaruhi sisi promosi atau periklanan dalam bisisnis yang ada di Indonesia bahkan juga dunia.
Pada perkembanganya saat ini promosi atau periklanan di Indonesia sekarang banyak yang menggunakan madia internet sebagai alat perantara dalam memperlihatakan apa yang ditawarkan kepada konsumen atau mansyarakat luas. Saat ini periklanan banyak dilakukan dan beralih ke internet karena jangkaunya yang sangat luas dan bisa dijangkau seluruh kalangan masyarakat.
Content creator dalam masa saat ini sangat berpengaruh dalam mengiklankan sebuah produk, karena sesorang content creator di media sosial yang banyak memiliki pengikut dan penggemar dalam medianya tersebut, sehingga sangat berpengaruh jika seseorang tersebut mengiklankan sebuah produk dengan target konsumen yaitu para pengikut atau penggembar tersebut. Seorang Content creator membangun engagement atau ikatan dengan pengikutnya dengan cara membagikan konten - konten yang menginspirasi, menghibur, ataupun memberikan informasi yang dapat menyatukan mereka dengan pengikutnya. Seorang content creator juga biasanya menetapkan tren di antara audiens mereka sehingga banyak brand yang melirik mereka untuk bekerja sama untuk mempromosikan produk brand tersebut.
Manfaat Content creator dalam periklanan yang dapat memebrikan sesuatau yang berbeda dangan keriatifitasnya sebagai Content creator, sebagai berikut manfaat adalah Mempermudah mempromosikan suatu produk dengan konten yang menarik dan berkualitas, Sesorang content creator mampu membrending perusahaan dengan gaya dan ciri khasnya dalam membentuk strategi kreatif melalui karya yang dibuatnya, Content creator sangat membantu dalam menciptakan konten sesuai dengan kebutuhaan pelanggan, Melalui konten yang dibuat , perusahaan dapat dipercaya oleh pelanggan, Content creator dapat memudahkan dalam melakukan proses target pasar. Jadi mudah mencapai tujuan pemasaran karena pembuatan konten sesuai dengan perencanaan yang tepat, Membantu konten yang dibuat perusahaan akan lebih mudah dikenal dan ditemukan.
Banyak strategi dalam melakukan periklanan atau promosi salah satunya adalah endorsement atau review dari content creator. Endorse yakni berasal dari kata endorsement yang artinya adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau setuju terhadap sesuatu. Endorsement yang dilakukan dari content creator dapat menarik minat pengikut mereka untuk membeli suatu produk yang di promosikan oleh si content creator yang berasal dari online shop. Ini salah satu bentuk promosi yang dilakukan online shop untuk menggaet konsumen baru. Content creator sangat memiliki pengaruh bagi yang ingin manggunakan jasanya dalam mempublikasikan melalui perantaranya. Akan tetapi dari sudut pandang yang lain seorang Content creator juga memiliki sebuah kekurangan dalam mensajikan sebuah content kepada audiansnya.
Dalam hal ini kekurangan atau kelemahan yang terdapat pada sebuah content creator dapat dilihat dari beberapa proses yaitu pada prosesnya untuk menghasilkan konten berkualitas anda membutuhkan proses kreatif dan fasilitas yang cukup lengkap. Untuk itu maka tentunya ada pengeluaran atau biaya dalam bentuk peralatan teknis (komputer, software, camera, biaya berlangganan ke konten material provider, dll), konsumsi selama proses kreatif (mulai dari brainstorming ide, riset, upload, dan manajemen akun blog dan youtube), akomodasi jika konten anda memerlukan riset atau review lokasi tertentu (misal travel blogger atau video blog (vlog) lokasi wisata tertentu) dan juga gaji jika anda memperkerjakan orang untuk menunjang aktivitas blogging dan youtube anda.
Proses pada umumnya perlu waktu dalam membangun sebuah blog dan channel youtube yang populer dengan jangkau waktu yang bisa mencapai bulanan dan sampai tahunan agar menjadi terkenal. Tetapi dalam mebangun tersbut juga bisa memakan waktu yang singkat jika individu tersebut sudah terkenal atau sudah populer, dan dengan tim kreatif dan pendanaan yang kuat maka waktu tersebut dapat lebih singkat lagi. Hal ini dapat manjadi kekurangan sebagai content creator dikarenakan banyak memiliki proses yang sangat panjang jika ingin manjadi sebuah Content creator, seperti dalam prosesnya banyak memilki tahan proses agar bisah menjadi Content creator yang terkenal dan memiliki banyak pengikut. Semuah orang bisa menjadi content creator tatapi tidak semuah orang juga bisah mancapai tingkat keterkenalan yang luas karena memerlukan waktu yang bagitu lama bisa bulanan ataupun tahunan.
Content creator juga bisa disebuh sebagai sebuah kreatifan secara visual yaitu dengan menampilkan beberapa contoh video atau content, iklan produk, desain grafis dan lainnnya yang berbentuk visual digital itu disebut content creator. Seperti saat seseorang yang membuat sebuah content dan hal tersebut akan diupload di paltfrom media sosial yaitu YouTube maka prosenya melalui dari reset tentang apa yang mau dibicarakan dalam content tersebut atau isi content tersebut dan membuat hal yang menarik para penonton content tersebu, dan proses selanjutnya pembuat dengan merakam menggunakan Hp atau Kamera dengan posisi yang dintentukan agar terlihat menarik, proses yang paling penting yaitu saat editing video yang akan di upload, karena dalam editing video yang akan diupload di YouTube perlu keratifitas yang sangat tinggi bukan hanya mengasal ngedit tapi harus mebuat penonton agar tidak bosen dalam menontonya.
Seperti saat manjadi sebuah editor video dalam pembuatan tugas kuliah dan saya fawzian prannanda sebagai editornya dalam tugas tersebut, maka saya sebelum melakuan editing vidoe tersebut saya biasanya mancari refresnsi-refrensi vidoe yang ada di YouTube agar menemukan ide dalam proses editing tersebut contohnya dalam mancari backsoon, menanata opening dan colosing dan efek-efek apa yang yang ngetren di saat ini dalam backsoon tersebut agar semua itu agar menarik ponoton dan mebuat penonton bisa membahamia apa yang diampaikan dalam video tersebut dan agar penonton tidak bosen saat menontonya.