Lihat ke Halaman Asli

Mushab

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Konsumsi Energi Meningkat, Mahasiswa KKN UNDIP Bagikan Tips Hemat Energi di Masa Pandemi

Diperbarui: 11 Februari 2022   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kembangarum, Kota Semarang (11/2/2022) – Pandemi Cpvid-19 yang terjadi 2 tahun belakangan sangat berdampak terhadap berbagai sisi kehidupan. Mayarakat dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut, misalnya dalam hal pendidikan dan pekerjaan. 

Dalam hal pendidikan, metode belajar secara daring dari rumah masih diterapkan di awal tahun 2022 ini, meskipun banyak juga lembaga pendidikan yang mulai menerapkan metode tatap muka dengan  protokol kesehatan. 

Mirip halnya dengan para siswa yang belajar dari rumah, banyak pula pekerja yang masih menerapkan WFH atau Work From Home yang diselingi dengan bekerja langsung di kantor atau tempat kerja. Hal-hal tersebut tentunya mengakibatkan aktivitas masyarakat lebih banyak dikerjakan di rumah, bukan di sekolah ataupun di kantor.

Hal ini tentunya berpengaruh terhadap peningkatan konsumsi energi listrik di rumah. Peningkatan konsumsi energi listrik di rumah juga sejalan dengan meningkatnya pengeluaran bulanan. 

Berdasarkan kondisi tersebut, salah satu mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Mush’ab (22), berinisiatif untuk memberikan edukasi mengenai kiat-kiat untuk menghemat energi listrik di rumah. 

Selain itu, untuk edukasi mengenai penghematan BBM juga diberikan untuk semakin menekan pengeluaran bulanan masyarakat, juga untuk mengurangi dampak negatif energi fosil terhadap lingkungan. Edukasi yang dilakukan oleh Mush’ab disampaikan melalui media poster yang dipasang di balai RW 06 Kelurahan Kembangarum. 

Dalam 2 poster edukasi penghematan energi tersebut, di antaranya disampaikan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan alat elektronik di rumah, dan cara berkendara (mobil) dengan lebih irit BBM. Poster ini disajikan dengan visualisasi yang simpel tapi menarik, dengan menggunakan ilustrasi dan poin-poin penyampaian yang mudah dipahami masyarakat.

Dengan adanya program KKN UNDIP ini diharapkan mampu menjadi solusi membengkaknya pengeluaran masyarakat dalam bidang SDGS di era pandemi.

Penulis : Mush’ab  (S-1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)

DPL     :  Dr. Puji Astuti, M.Si.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline