Lihat ke Halaman Asli

Fawwaz Yafi Noverian Saputro

Hanya mencoba menjadi manusia yang bermanfaat

Penggerak Olahraga Masyarakat (POM) Kabupaten Blitar Berkolaborasi dengan Flagfootball Blitar

Diperbarui: 24 Mei 2023   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arsip Pribadi-Flag Football Blitar di Stadion Supriadi

Blitar, Jawa Timur - Penggerak Olahraga Masyarakat (POM) Kab. Blitar melalui relawan melakukan kolaborasi dengan komunitas Flag Football Blitar sebagai bentuk komitmen POM untuk mengenalkan olahraga tersebut kepada masyarakat luas.

Sejarah

Menurut Skor.id Flag Football masuk pertamakali ke Indonesia sekitar tahun 2000-2001, kemudian sempat vakum lama hingga aktif kembali pada tahun 2009 dengan diwadahi oleh Indonesian Flag Football Association (IFFA).

Dalam perkembangannya Flag Football di Indonesia telah menyebar di beberapa kota seperti, Jakarta, Bandung, Palembang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Blitar dan beberapa kota besar lainnya.


Flag Football Blitar sendiri didirikan pada 14 November 2014 yang di prakarsai oleh beberapa pemuda di Blitar. Dalam Perjalanannya Flag Football Blitar sudah menjuarai beberapa turnamen berskala nasional, diantaranya NHSC (National High School Competition) 3 tahun berturut-turut dan Merdeka Bowl 2019 yang diselenggarakan di Jakarta.

Perbedaan

Arsip Pribadi- Flag Football Blitar Melakukan Latihan Di Stadion Supriadi Kota Blitar

Perbedaan yang mencolok antara Flag Football dan American Football adalah perlengkapan yang digunakan oleh para pemain.

Dalam American Football perlengkapan Helmet (helm), Shoulder pads (pelindung bahu), Body protector (pelindung tubuh) digunakan sebagai syarat pertandingan. Sedangkan dalam Flag Football, para pemain hanya menggunakan "flag belt" yang terikat pada pinggang sebagai pengganti perlengkapan pelindung yang lebih berat dalam American Football.

Bendera ini berfungsi sebagai tanda yang harus dicabut oleh pemain untuk menghentikan permainan. Dengan demikian, Flag Football menekankan pada permainan tanpa kontak fisik yang keras seperti dalam American Football, sehingga perlengkapan pelindung yang lebih ringan dan sederhana sudah cukup digunakan.

Kegiatan

M. Alfin Nurfika, S.Pd sebagai salah satu relawan POM Kab. Blitar yang tergabung dalam kegiatan tersebut mengatakan, "Saya disini berkolaborasi dengan komunitas Flag Football Blitar sebagai bentuk komitmen saya untuk memasyarakat olahraga sekaligus mengenalkan olahraga Flag Football yang sudah mulai berkembang di Indonesia khususnya Blitar Raya".

Masih menurut Mas Alfin (sapaan akrab), latihan bersama Flag Football ini dilaksanakan secara rutin setiap weekend di Alun-Alun Kota Blitar.

Apa Selanjutnya?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline