Lihat ke Halaman Asli

FAWER FULL FANDER SIHITE

Master of Arts in Peace Studies

Catatan Jejak Perjalanan di Bumi Ino Fo Makati Nyinga

Diperbarui: 26 Juni 2021   17:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Halmahera Barat - Perjalanan di Bumi Ino Fo Makati Nyinga (Bersatu Hati untuk Membangun Daerah) atau Kabupaten Halmahera Barat.

Kedatangan saya di Halmahera Barat (GMKI Jailolo) merupakan agenda organisasi terkait mempersiapkan kegiatan bidang hubungan internasional pengurus pusat GMKI yang akan di pusatkan di Halmahera Barat, kegiatan itu kami beri nama Youth Conference.

Meskipun dalam perjalanan ini, pada akhirnya saya juga diberikan tugas dari Ketua Umum dan Sekretaris Umum GMKI untuk mendampingi Konperensi Cabang GMKI Jailolo yang ke IX di Kecamatan Ibu, Halmahera Barat.

Awal kedatangan saya setelah menyelesaikan perjalanan di Pulau Morotai dan Tobelo, saya tiba di Jailolo pada malam hari bersama bersama senior Nones, Bung Aldrin dan satu orang teman senior Nones yang mendriver mobil kami.

Ketibaan saya di Jailolo langsung disambut oleh beberapa orang senior GMKI Jailolo, seperti senior Ongki Datang, senior Rinto, senior Rido dan beberapa orang senior lainnya dan BPC GMKI Jailolo.

Dokumen pribadi

Sambutan itu membuat saya bangga dan senang, melihat keluarga GMKI di Halmahera Barat kompak dan satu sama lain saling mensupport.

Keesokan harinya kami mulai mengatur jadwal untuk bertemu dengan unsur pemerintah daerah Halmahera Barat yang berhubungan dengan kegiatan Youth Conference, seperti Kepala Dinas Pariwisata, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Kapolres, dan Bupati Halmahera Barat.

Seluruh Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan dan kesepemahaman sehingga berkomitmen untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan Youth Conference yang akan di selenggarakan pada tahun 2022 bersamaan dengan jadwal Festival Teluk Jailolo (FTJ).

Dokumen pribadi

Semua pertemuan tersebut tidak terlepas dari bantuan Senior-senior GMKI yang ada di Halmahera Barat, antusias kader GMKI Jailolo dan para senior semakin membakar semangat saya untuk mengeksekusi program ini.

Saya yang seharusnya balik ke Jakarta pada tanggal 2 Juni akhirnya harus mundur karena pak Bupati Halmahera Barat dan senior meminta agar saya menghadiri acara adat yang diselenggarakan pada tanggal 10 Juni 2021 di Gemomeng.

Dokumen pribadi

Lagi, lagi...saya merasa sangat terhormat dan dihargai karena diberikan kesempatan untuk menghadiri, Acara adat yang sangat sakral itu.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline