Lihat ke Halaman Asli

Favian Gisala Marzuq

Sastra Inggris

Mengenal Apa Itu Bilingual, Trilingual dan Polyglot

Diperbarui: 29 Mei 2022   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi yang dipergunakan manusia sesuai dengan konvensi yang berlaku. Dalam hal ini, ada beberapa jenis penutur bahasa berdasarkan tingkat kemampuan dalam menuturkan bahasa tersebut. Biasanya orang yang dapat berbicara bahasa ibu mereka disebut dengan native speaker atau orang yang menggunakan bahasa asli. 

Namun seiring berkembangnya teknologi dan globalisasi, banyak penutur bahasa mengalami perubahan dalam segi penguasaan bahasa (language acquisition). Selaras dengan hal tersebut, penulis akan menjelaskan apasih yang dimaksud dengan bilingual, trilingual dan polyglot itu?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, penulis ingin bertanya. Apasih bahasa sehari-hari yang kalian gunakan untuk berkomunikasi? Lalu apakah kalian menggunakan bahasa daerah, bahasa Indonesia atau bahasa asing? Hmmm jika iya, ini sangat menarik loh.

Bilingual atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah kedwibahasaan, yang merupakan sebuah kemampuan untuk berbicara dua bahasa dengan baik. Contohnya seperti kalian menggunakan bahasa daerah dan bahasa nasional dalam berkomunikasi untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai suatu informasi tertentu ketika berkomunikasi. 

Biasanya, seseorang yang dapat atau memiliki kemampuan ini akan mampu bertransisi antara dua tugas, dapat mengerjakan sesuatu secara bersamaan, membagi fokus serta dapat menyelesaikan masalah dengan lebih mudah. Manfaat lain dari menjadi seorang yang bilingual yaitu akan menjadikan pribadi yang lebih kreatif.

Sedangkan trilingual merupakan sebutan untuk orang yang dapat menguasai dan berkomunikasi menggunakan tiga bahasa yang berbeda. 

Sebagai informasi tambahan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Swiftkey pada tahun 2015, ada banyak negara yang menggunakan lebih dari satu bahasa untuk percakapan sehari-hari. Ada sekitar 27,5 persen populasi dunia adalah seseorang yang berbicara dengan lebih dari satu bahasa. 

Data tersebut berdasarkan analisis bahasa yang digunakan di seluruh dunia pada aplikasi Swiftkey Keyboard. Negara yang memiliki penduduk trilingual tertinggi di dunia berada di Eropa dan Asia. 

Salah satunya yaitu Indonesia yang menempati peringkat pertama negara trilingual dengan 17,4 persen penduduknya menggunakan kombinasi tiga bahasa untuk keperluan berkomunikasi. Bahkan indonesia juga termasuk ke dalam urutan ketiga negara bilingual dengan 57,3 persen penduduknya menggunakan kombinasi dua bahasa yaitu bahasa daerah dan bahasa nasional.

Mungkin kalian merupakan salah satu orang yang mempunyai kemampuan ini loh. Tidak mengherankan jika indonesia merupakan negara pertama yang mempunyai kemampuan berbicara dalam tiga bahasa berbeda. 

Alasannya karena seperti yang kita ketahui ada sekitar 700 lebih bahasa daerah yang digunakan sehari-hari. Ya karena pada dasarnya ketika kita berada di lingkungan rumah biasanya menggunakan bahasa daerah masing-masing untuk berkomunikasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline