Lihat ke Halaman Asli

Reynaldi Fauzi Sinaga

Mahasiswa Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomasi Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Buat Tutorial Pembuatan Hand Sanitizer Otomatis dan Membagikannya

Diperbarui: 9 Agustus 2021   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan alat kepada Lurah Tandang/dokpri

Semarang (09/08/2021) –Pada masa pandemi ini, Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan KKN Pulang Kampung dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGDs)”. KKN Pulang Kampung ini dilaksanakan Juli – Agustus 2021 bertempat di daerah tempat tinggal masing –masing mahasiswa.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang didapat dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah pertambahan kasus positif COVID-19 mengalami kenaikan hari demi hari. Pemerintah sudah melakukan upaya-upaya untuk menekan penyebaran COVID-19 dengan melakukan PPKM dan vaksinasi gratis untuk umum.

Sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mengurangi angka pertambahan kasus positif COVID-19, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Periode 2021, Reynaldi Fauzi Sinaga memperkenalkan teknologi alat hand sanitizer otomatis berbasis sensor infrared kepada masyarakat kelurahan tandang

Komponen yang dibutuhkan alat ini tidaklah banyak dan sangat mudah didapatkan di toko elektronik terdekat atau e-commerce, sehingga diharapkan masyarakat bisa membuat alat ini secara mandiri, karena bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat ini bisa dibilang sangat murah, hanya dengan biaya kurang dari Rp 50.000 dan diberikan juga video berupa penjelasan cara membuatnya.

Video Tutorial Pembuatan Alat Handsanitizer Otomatis Sederhana untuk Masyarakat Kelurahan Tandang/dokpri

Konsep dari alat ini cukup sederhana, kita hanya melakukan modifikasi terhadap pompa aquarium yang dihubungkan dengan transistor sebagai saklar dan sensor infrared sebagai pendeteksi tangan.

Masyarakat RW 3 Kelurahan Tandang sangat menyambut baik dengan kehadiran alat hand sanitizer otomatis ini, dengan begitu warga dapat menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dengan mengurangi kontak fisik terhadap benda yang sebelumnya sering disentuh oleh masyarakat.

Penyerahan alat kepada Ketua RW 3 Kelurahan Tandang/dokpri

Dengan adanya alat hand sanitizer otomatis ini, Ketua RW 3 Kelurahan Tandang dan Lurah Tandang berharap warga lain dapat mengikuti ide ini dan dapat membuat alat hand sanitizer otomatis secara mandiri sehingga alat ini dapat disebarluaskan di wilayah Kelurahan Tandang. Diharapkan dengan adanya alat ini beserta dengan video cara membuatnya, masyarakat dapat mengingat bahwa pandemi covid-19 belum berakhir dan memberikan semangat pada masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan covid-19. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline