Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Fauzi Rais

Master of Law at University of Indonesia

Sekilas Biografi Singkat 4 Imam Madzhab

Diperbarui: 19 September 2022   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Biografi Singkat 4 Imam Madzhab. | pexels

Imam Abu Hanifah An-Nu'man bin Tsabit, (Mazhab Hanafi) (Ulama Hanafiyah )Beliau dilahirkan pada tahun 80 H di Kufah, dan wafat pada tanggal 150 H. Mazhab yang dikenal dengan ahli qiyas (al-aqlu), hadits yang di sampaikan di Irak lebih sedikit. 

Beliau merupakan Ulama yang ahli tahajud, fasih dalam membaca Al-Qur'an, pernah ditawari menjadi hakim di zaman bani Umayyah tetapi beliau menolak.

Baca juga: Mazhab Fikih dalam Islam

Imam Maliki bin Anas Al ashbahy, (Mazhab Maliki) (Ulama Malikiyah). Beliau dilahirkan di Madinah pada tahun 93 H dan wafat pada tahun 179 H. 

Beliau dikenal sebagai ahli Hadits, bahkan beliau mengutamakan perbuatan Ahli Madinah (Al-'Amal) daripada khabaril wahid (Hadits perorangan). 

Karena bagi beliau mustahil bagi Ahli madinah berbuat perbuatan yang bertentangan karena di masa itu Rasul berada di Madinah. Dan juga haditsnya dikatakan sebagai hadits mutawatir.

Baca juga: Latar Belakang Mazhab Fiqih

Imam Muhammad bin Idris As-Syafi'i Al-Quraisyi, (Mazhab Syafi'i) (Ulama Syafi'iyyah). Beliau dilahirkan di Ghuzzah tahun 150 H dan wafat di Mesir tahun 204 H. 

Beliau belajar kepada Imam Malik yang dikenal dengan mazhabul hadits, kemudian beliau pergi ke Irak dan belajar dari ulama Irak yang dikenal mazhabul qiyas (Keistimewaan beliau), Hafal Al-Qur'an usia 7 Tahun, panda diskusi, intelectual,

Baca juga: Mengenal 4 Mazhab Dalam Islam

Imam Ahmad bin Hanbal As-Syaebani, (Mazhab hanbali) (Ulama Hanabilah). Beliau dilahirkan di Baghdad tahun 164 H dan wafat pada tahun 248 H. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline