Lihat ke Halaman Asli

Fauzi Fauzi

mahasiswa

Pulau Jemur sebagai Obyek Wisata di Kabupaten Rokan Hilir

Diperbarui: 26 Maret 2024   20:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara Kepulauan dengan 17.508 pulau dari sabang hingga merauke. Ini adalah potensi nasional yang diberikan Allah SWT dan perlu dikelola dengan baik dan seoptimal mungkin. Namun, hingga saat ini  pulau-pulau tersebut masih belum berhasil mengoptimalkan kekayaan dan ppotensinya, terutama dalam hal mengelola pulau-pulau kecil yang biasanya terpencil, miskin, bahkan tidak berpenduduk, dan jauh dari perhatian pemerintah. Karena pulau-pulau ini menentukan batas negara kita, keberadaan mereka secara geografis sangat strategis. Agar tidak menimbulkan masalah yang mengganggu keutuhan wilayah Indonesia, pulau-pulau kecil atau terluar harus diawasi secara menyeluruh. ini terutama berlaku untuk pulau-pulau yang terletak diwilayah perbatasan dengan negara yang tidak atau belum memiliki perjanjian dengan Indonesia. Tugas dan wewenang kabupaten Rokan Hilir meliputi pengelolaan tempat wisata, penyediaan sarana dan prasarana, dan pembangunan tempat wisata baru yang belum pernah dibangun oleh pemerintah sebelumnya.

Kawasan perbatasan perairan seperti kepemilikan pulau sering menyebabkan konflik antara Indonesia dan Malaysia. Konflik pulau jemur adalah salah satu kasus perbatasan yang muncul. Pulau jemur adalah bagian dari gugus arwah Selat Malaka di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Pulau Jemur berada di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, yang memiliki banyak kekayaan alam, termasuk berbagai jenis ikan, satwa laut, dan terumbu karng yang sering dicari untuk memancing dan menyelam. Pulau Jemur juga memiliki hewan Penyu Hijau dan memiliki sejarah jarena Jepang membangun disana selama Perang Dunia II.

Hal ini dikarenakan Kabupaten Rokan Hilir memiliki batas dengan negara tetangga dan merupakan pulau terluar, pembangunan wilayah perbatasan untuk pertahanan dan keamanan nasional merupakan salah satu masalah strategis nasional yang harus diantisipasi. sangat penting bagi Kabupaten Rokan Hilir untuk bekerja sama dengan Pemerintah Pusat untuk membangun dan mempertahankan identitasnya karena negara tetangga yang berdekatan dengan Indonesia selalu mengklaim atau mengakui Pulau Jemur, yang lebih dekat dengan Malaysia dan lebih mudah diakses daripada Kabupaten Rokan Hilir sendiri.

Salah satu tempat wisata di Sumatera ialah Pulau Jemur, yang memiliki keindahan alam yang tidak dapat dilupakan. Pulau Jemur memiliki pemandangan dan Panorama yang indah, serta hasil laut yang kaya raya. Pulau Jemur juga dihuni oleh spesies penyu yang langka, yang pada musim tertentu akan pergi ke pantai untuk bertelur, yang menghasilkan 100-150 butir per ekornya. Selain itu, Pulau Jemur juga meiliki banyak tempat wisata menarik lainnya, seperti Goa Jepang, Menara Suar, sisa-sisa pertahanan Jepang, Batu Panglima Layar, Taman laut, dan Pantai berpasir kuning emas. Selain itu juga memiliki potensi batu akik, yang bisa jadi akan menimbulkan masalah karena ada empat jenis batu yang dilaporkan berkualitas tinggi disana, pecinta batu mulia akan datang untuk mencari batu tersebut dan akan dapat menimbulkan ancaman baru bagi keselamatan lingkungan Pulau Jemur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline