Lihat ke Halaman Asli

Fauziah Ilham

ENGLISH TEACHER

Rendang Amak

Diperbarui: 30 Desember 2020   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.cookpad.com

Di penghujung tahun 2020, penyebaran covid 19 masih menyelimuti seluruh penjuru negeri. Banyak nya korban yang terkonfirmasi positif virus ini semakinbertambah dari hari ke hari . Tak bisa dipungkiri Keresahan dan ketakutaan sering mendominasi pikiran sehingga berdampak pada menurunnya imunitas.

Dibutuhkan komitmen dan kedisiplinan yang kuat untuk mengantisipasi terpaparnya virus ini, menerapkan pesan ibu 3 M  (mencici tangan, memakai masker dan menjaga jarak) adalah langkah yang efektif untuk mengantisipasi dari virus yang mematikan ini.

Mengingat tahun 2020 tinggal menghitung hari. Kita tentunya telah mempersiapkan harapan-harapan baru yang nantinya dapat terwujud dengan indah di tahun 2021.

Biasanya malam pergantian tahun sering dirayakan dengan suka cita berkumpul bersama orang-orang terdekat seperti keluarga, tetangga dan teman- teman. Tak ketinggalan menu-menu spesial di hidangkan untuk menambah kemeriahan.

Meskipun perayaan tahun ini mengharuskan kita untuk menahan diri berkumpul dengan keluarga besar dan teman-teman tetapi bisa terobati dengan hidangan beberapa menu spesial resep amak. Seperti halnya aku, resep amak selalu menjadi andalan resep hidangan untuk pesta awal tahun. Resep andalan ku untuk perayaan tahun ini adalah Rendang amak

" Rendang" Siapa yang tak pernah mencicipi makanan khas Minangkabau yang terkenal hingga manca Negara ini? Berbahan dasar daging sapi, santan dan rempah-rempah selalu memikat lidah penikmatnya. Ditambah aroma khas yang muncul dari beberapa jenis daunan sebagai pelengkap menambah aroma cita rasa.

(tirto.id. 16/7/2019) Dikutip dari artikel "Rendang The Treasure of Minangkabau" karya Muthia Nurmufid dan kawan-kawan yang tehimpun dalam journal of ethnic food ( Desember 2017). Istilah "Rendang" berasal dari kata "merandang yang bemakna lambat". Makna ini merujuk lamanya waktu memasak rendang.

Untuk memasak rendang dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan api sedang. Rendang yang kering ditandai dengan tekstur daging yang empuk berbalut dengan resapan bumbu yang berwarna coklat tua.

Biasanya rendang dapat bertahan selama lebih kurang 2 minggu dalam suhu ruang. Biladi panaskan hingga bumbu menyatu sempurna dan ditandai dengan warna daging coklat kehitaman yang biasa disebut dedak atau rendang kering ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Karnanya rendang menjadi makanan istimewa bagi setiap perantau minang.

Rendang juga memiliki nilai filosofis. Rendang melambangkan adanya musyawarah dan mufakat pada masyarakat minang. Ini terlihat dari adanya 4 bahan dasar utama; daging melambangkan niniak mamak atau pemangku adat. Kelapa melambangkan candiak pandai , lado melambangkan kaum alim ulama  dan rempah-rempah melambangkan keberagaman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline