Lihat ke Halaman Asli

Fauziah Rahma

Mahasiswi unpam reg c 02PIEE002

Aspek dan Faktor Pelengkap di Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Diperbarui: 6 Juli 2021   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam artian produktivitas kerja adalah suatu kegiatan yang memiliki hubungan antara keluaran pada barang atau jasa dengan masukan dari tenaga kerja. Pendapat lain mengatakan bahwa produktivitas kerja adalah rasa ingin berupaya meningkatkan kualitas kerja.dan selalu berkaitan dengan kemampuan kerja seseorang sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas.

Adapun aspek penting dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja karyawan karyawan yakni sebagai berikut:

1. aspek kemampuan tenaga kerja.   

Setiap kegiatan produktivitas kerja, harus memiliki tenaga kerja selaku orang  memiliki peran utama dalam dalam kegiatan kerja.dan setiap tenaga kerja pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan bagian atau jabatan yang didapat,dan tetap harus melakukan perbaikan terus menerus supaya semakin hari kemampuan tenaga kerja semakin lebih baik hingga ke tingkat profesional.

2. Aspek efisiensi tenaga kerja,aspek ini merupakan aspek penting kedua yakni dalam penerapan kegiatan,harus dapat terukur tingkat sumber daya tenaga kerjanya sesuai dengan yang dibutuhkan untuk memenuhi tingkat pelayanan yang dicapai.

3.Aspek kondisi lingkungan kerja,aspek ini juga tidak kalah penting dengan kedua aspek diatas aspek ini juga yang sangat menentukan tingkat produktivitas kerja karyawan,karena dalam sebuah perusahaan atau lembaga sebisa mungkin harus menyediakan lingkungan kerja yang nyaman bagi para pekerja nya supaya bisa efisien dalam melakukan pekerjaan. Ketika kondisi lingkungan nyaman maka mereka akan dengan giat meningkatkan hasil kerjanya.

Aspek lain yang dikemukakan oleh Kusuma dan Nugraha(2012) disebutkan:

Menurutnya,

1. Motivasi kerja,adalah dengan di adakanya motivasi kerja yang baik yang bersifat positif, yang diberikan kepada semua karyawannya otomatis akan terjadinya peningkatan dalam kerja setiap karyawan nya juga.

2. efisiensi dan aktivitas kerja,kedua hal ini juga tidak kalah penting,karena dari adanya efisiensi dan aktivitas kerja maka akan menimbulkan produktivitas yang tinggi pula.

3. Pengalaman dan pengetahuan, aspek ini juga yang harus dimiliki oleh setiap karyawan nya yang mana setiap tenaga kerja yang memiliki pengalaman jauh lebih banyak dan pengetahuan yang juga jauh lebih dalam maka Akan sangat berpengaruh terhadap kualitas seorang karyawan,dan nantinya akan membuat kenaikan pada produktivitas kerja karyawan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline