Lihat ke Halaman Asli

3 Strategi Guru Untuk Memotivasi Siswa Belajar Matematika

Diperbarui: 11 Mei 2023   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa yang membuat anak-anak begitu tertarik dengan matematika? Selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa siswa kehilangan minat antara sekolah dasar dan sekolah menengah atas, dan banyak dari mereka tidak memperolehnya kembali sampai perguruan tinggi atau setelahnya. Sesuai lembaga ujian sekolah, hanya 45% siswa sekolah menengah yang siap untuk matematika sekolah. Data ini menunjukkan betapa sulitnya bagi guru untuk membuat siswanya tertarik pada matematika.

Belajar pada dasarnya adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang (siswa) secara sadar. Itu datang dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, atau sikap baru dengan nilai-nilai positif dan sebagai pengalaman atau praktik yang membentuk perilaku (Omrod, 2012). Dengan mengamati kemajuan dan arah siswa saat mempelajari masalah pembelajaran, guru memainkan peran paling signifikan dalam proses belajar mengajar. Karena setiap guru mengajar dengan cara yang berbeda, setiap guru memberikan pengetahuan kepada siswanya dengan cara yang unik. Namun, instruktur harus fokus pada kemampuannya untuk menerapkan strategi pertunjukan, mengatur waktu, fokus dan mampu menarik perhatian dan kasih sayang siswa. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh metode yang digunakan dan materi yang dibahas.

1. Cari celah dalam konten yang tidak dipahami siswa

Untuk memotivasi siswa untuk terus belajar, guru perlu menyadari topik yang mereka perjuangkan (Hattie & Ziere, 2018). Misalnya, pendidik akan memaknai contoh-contoh inkuiri yang umumnya diberikan di kelas sampai jelas, kemudian contoh-contoh inkuiri yang sedikit unik namun berhubungan dengan materi yang serupa.

2. Cari cara khusus

Guru dapat membantu siswa memahami materi dengan cara yang sederhana sehingga mereka dapat mengingat topik lebih cepat (Cooper & Robinson, 2008).

3. Berikan contoh penerapan matematika di dunia nyata

Di awal pembelajaran, guru dapat menunjukkan bagaimana materi tersebut dapat digunakan dalam kehidupan nyata. Siswa termotivasi untuk mempelajari materi yang dijelaskan guru dengan cara ini. Selain itu, guru dapat membantu siswa dalam menghubungkan karir masa depan mereka dengan matematika.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline