Lihat ke Halaman Asli

Sistem Pendidikan Matematika di Negara China

Diperbarui: 27 April 2023   13:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kemajuan suatu bangsa dapat ditentukan sebagian besar oleh sistem pendidikannya. karena sumber daya manusia dipengaruhi oleh kualitas pendidikan yang kompeten. Tidak diragukan lagi bahwa sistem pendidikan negara maju berbeda dengan negara berkembang. Kemajuan suatu bangsa juga dipengaruhi oleh sistem pendidikannya.

Semakin banyak negara mulai memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada siswa tidak hanya dari negara mereka sendiri tetapi juga dari bagian lain dunia. Ada negara-negara yang dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik. Negara-negara ini ditentukan oleh faktor-faktor seperti keragaman program gelar yang ditawarkan, sifat gelar interdisipliner, peringkat, peringkat universitas, dan jumlah siswa internasional.

Sistem pendidikan Cina diatur oleh pemerintah. Sekolah hanya perlu mengatur standar proses dan standar penilaian kualifikasi kelulusan karena negara menetapkan standar isi, standar sarana dan prasarana, dan standar pengelolaan. Di Cina, tujuan pendidikan nasional adalah membantu siswa berkembang secara moral, intelektual, fisik, dan estetis sesuai dengan bidangnya.

Sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, kurikulum sekolah dasar dan menengah di Tiongkok telah mengalami tujuh kali modifikasi. Kurikulum sekolah, yang menitikberatkan pada pengembangan potensi siswa, telah diubah secara langsung oleh reformasi pendidikan China. Sistem sekolah adalah pelatihan dasar, pendidikan lanjutan, dan pengajaran orang dewasa (Yudi, MN, Feisyal A. Aziz, Heri Bekti dan Yogi Suprayogi Sugandi, 2020). Pendidikan lanjutan utama di Tiongkok adalah perguruan tinggi yang didanai negara pada tahun 1906 (Joe Parningotan Purba, 2019).

Kurikulum sekolah dasar dan menengah mencakup 200 hari sekolah per tahun, dan siswa diwajibkan untuk bersekolah lima hari per minggu, menurut pedoman umum untuk kelas 1 sampai 9. Dari September sampai Maret, tahun akademik dipecah menjadi dua 9,5 bulan. semester. Seni Bahasa, Pendidikan Jasmani dan Ilmu Sosial, Kesehatan, Seni dan Humaniora, Matematika, Sains dan Teknologi, dan Kegiatan Integratif adalah tujuh bidang pembelajaran utama yang dicakup oleh kurikulum kelas 1 sampai kelas 9. Ilustrasi IPA dipisahkan menjadi lima segmen berdasarkan tingkatan kelas, khususnya: Besaran dan bilangan, geometri, aljabar, probabilitas, dan hubungan matematis (Nila Mareta Murdiyani: 2018).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline