Lihat ke Halaman Asli

KKN I44 UINSU

Mahasiswa

Mahasiswa KKN 144 UINSU Membawakan Khutbah Jum'at Moderasi Beragama di Desa Paya Rengas

Diperbarui: 12 Agustus 2024   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN 144 UINSU Langkat

Desa Paya Rengas, 9 Agustus 2024 -- Seorang Mahasiswa dari kelompok KKN 144 Universitas Islam Negri Sumatera Utara Medan membawakan khutbah jum'at dengan materi 'Moderasi Beragama' di Masjid dusun VI Desa Paya Rengas. Kegiatan tersebut di hadiri oleh ketua kelompok KKN 144 dan jama'ah sholat jum'at lainnya yang berlangsung dengan khidmat. Materi Khutbah yang disampaikan memiliki peran strategis untuk  membentuk pola pikir dan sikap umat dalam beragama. Kegiatan ini merupakan salah satu medium dakwah yang efektif. Tidak hanya menjadi sarana dalam penyampaian ajaran agama, tetapi juga sebagai wadah untuk menanamkan nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam konteks moderasi beragama, khutbah merupakan sarana penting untuk membangun umat yang damai, toleran, dan mampu hidup berdampingan dalam keragaman. Dalam dunia yang semakin modern, moderasi beragama menjadi jembatan penting untuk menjaga keharmonisan dan toleransi antarumat beragama. Moderasi bukan bermaksud mengabaikan keyakinan kita, tetapi lebih untuk memahami dan menghargai perbedaan untuk membangun perdamaian di tengah masyarakat yang ramai.

Moderasi beragama dapat dijadikan motivasi  untuk melihat agama sebagai sumber kebaikan. Hal ini adalah salah satu ajakan untuk memperkuat nilai-nilai universal tanpa melihat latar agama setiap individu. Dengan demikian, kita dapat menjadi masyarakat yang lebih inklusif, di mana setiap individu merasa dihargai dan bebas untuk menjalankan keyakinannya dengan damai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline