Lihat ke Halaman Asli

Helmy Oktavian Fauzi

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Program KKN Untag Memperbaiki Ekonomi Wilayah Medokan Semampir Surabaya Melalui Pengunaan Media Digital

Diperbarui: 24 Desember 2024   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                                             Dokumentasi: Pribadi

 

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peluang besar untuk meningkatkan penjualan mereka melalui media digital di era teknologi yang serba cepat ini. Selain itu, sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan untuk mengabdikan masyarakat, program ini melibatkan pengembangan usaha kecil dan menengah (UMKM) melalui strategi digital. Mahasiswa diberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam kehidupan nyata berkat pengembangan ini, yang membantu mengembangkan bisnis lokal. UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan menggunakan media digital murah seperti media sosial, toko online, dan website. Pemasaran online melalui media digital memiliki beberapa keuntungan, seperti meningkatkan penjualan, membuat bisnis dikenal oleh banyak orang, dan memungkinkan bisnis bersaing di pasar saat ini dengan banyak pesaing lainnya. Sayangnya, tidak semua pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM) memiliki pengetahuan atau keterampilan yang diperlukan.

Kami memberikan pelatihan digital marketing tentang penggunaan media sosial, pembuatan konten, dan membantu UMKM mendirikan dan mengelola toko online di platform e-commerce seperti grab merchant, gofood, dan shopee food. Kami juga menawarkan pelatihan branding dan desain, termasuk pembuatan logo dan materi promosi yang lebih menarik. Kami juga membantu pembayaran melalui Qris dan mendaftarkan toko di Google Maps. Kami menghadapi sejumlah masalah selama proses pelaksanaan KKN berbasis digital kami. Tingkat literasi digital terbatas, dan ketika kami pertama kali berkomunikasi dengan UMKM, ada beberapa yang menolak program yang kami tawarkan karena mereka kekurangan pengetahuan tentang pemasaran online. Karena itu, kami harus menjelaskan dengan jelas dan detail sehingga UMKM dapat menerima program yang kami tawarkan dan menerapkannya untuk meningkatkan penjualan.

Sumber: Foto UMKM Warga Medokan Semampir RT 02

UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif dengan banyaknya pesaing yang ada dengan menerapkan KKN digital yang terstruktur. Keterampilan digital yang lebih baik meningkatkan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja baru. Program kami dapat menjadi pembelajaran yang nyata dan bermanfaat.

Banyak mitra UMKM yang mendapat manfaat dari program ini, seperti bapak Nur, penjual sate yang sekarang terdaftar di Google Maps. Dia mengatakan, "Alhamdulillah sekarang banyak yang membeli sate karena tahu dari google". Kami, mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945, juga senang dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat RT 02 RW 01 Medokan Semampir.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline