Lihat ke Halaman Asli

Program Posyandu Balita dan Lansia, PMT, dan Cek Kesehatan Bersama KKN UIN Sunan Kalijaga Kelompok 140 Dusun Jetis

Diperbarui: 4 September 2024   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

media kkn 140 dusun Jetis

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) UIN Sunan Kalijaga kelompok 140 mengadakan program PMT dan cek kesehatan bersama kader posyandu di Padukuhan Jetis, Kalurahan Jetis, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. 

Cek kesehatan adalah langkah proaktif untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, masyarakat dapat mendeteksi dini berbagai penyakit, memantau kondisi kesehatan, dan mencegah komplikasi yang lebih serius. Pemeriksaan tersebut berupa Pengecekan Gula darah dan Asam Urat secara gratis. Kami meminjam alat dan menyediakan stik untuk pemeriksaan asam urat sejumlah 60 pcs dimana setiap peserta mendapatkan 1 stik. Sedangkan pemeriksaan gula darah telah disediakan dari pihak puskesmas baik stik maupun alat pengecekan. 

media kkn 140 jetis

Cek kesehatan diawali dengan proses screening data lansia, pengukuran berat badan, dan pengecekan tensi sembari menunggu petugas puskesmas. Setiap lansia akan mendapat kertas yang berisikan informasi berupa Nama, NIK, Riwayat penyakit, Bb, Tekanan Darah, Asam urat, dan Gula Darah yang telah diisikan panitia. Setelah petugas puskesmas datang lansia akan dipanggil satu per satu untuk pengecekan asam urat dan gula darah, serta mendapatkan penjelasan hasil dari petugas.

Pemberian makanan tambahan (suplemen) merupakan tindakan memberikan nutrisi tambahan di luar asupan makanan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang mungkin tidak tercukupi melalui makanan biasa. Kami memberikan 3 jenis makanan berupa telur puyuh, pisang, dan puding coklat homemade. Pemberian PMT dilakukan setelah lansia melakukan pemeriksaan secara keseluruhan seperti Pengukuran berat badan, cek tensi, Asam Urat, dan Gula darah.

Dalam program ini kami bekerjasama dengan UPT Puskesmas Saptosari dan juga ibu-ibu PKK di Padukuhan Jetis. Awalnya kami melakukan sosialisasi terkait dengan program cek kesehatan dan PMT dengan ibu-ibu PKK. Melihat tanggapan dan antusias ibu-ibu PKK dengan semangat maka kami juga semangat dalam melaksanakan program ini. Tujuan dari program ini adalah memberikan cek kesehatan secara gratis kepada lansia dan memberikan makanan tambahan (Suplemen) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline