Lihat ke Halaman Asli

Pelaksanaan PLP Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA di SMA KHARISMAWITA Berjalan Sukses

Diperbarui: 12 Desember 2024   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa FKIP UHAMKA Menyelesaikan PLP di SMA KHARISMAWITA

Jakarta, 12 Desember 2024 – Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) di SMA KHARISMAWITA telah berlangsung dengan sukses. Program ini dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli hingga 12 Desember 2024 dan diikuti oleh mahasiswa semester 7 dari tiga program studi: Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Pendidikan Ekonomi. PLP merupakan program yang bertujuan memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam memahami dunia persekolahan secara langsung. Para mahasiswa peserta PLP tidak hanya mengamati proses belajar-mengajar, tetapi juga berperan aktif dalam membantu kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan administrasi sekolah di SMA KHARISMAWITA. Program ini menjadi wadah untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja sebagai pendidik profesional.

Kontribusi Positif untuk Dunia Pendidikan

Dalam program ini, mahasiswa mendapatkan bimbingan dari dosen pembimbing lapangan serta guru pamong yang telah berpengalaman. Beberapa kegiatan yang dilakukan selama program PLP di SMA KHARISMAWITA meliputi:

Observasi Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa melakukan observasi terhadap metode pengajaran yang diterapkan guru untuk memahami dinamika kelas secara langsung. Observasi ini meliputi pendekatan yang digunakan, pemanfaatan media pembelajaran, serta interaksi siswa dengan guru di kelas. Selain itu, mahasiswa juga mendokumentasikan metode pembelajaran yang inovatif untuk diaplikasikan di masa depan.

Praktik Mengajar Mahasiswa diberi kesempatan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan mengajar langsung di depan kelas. Dalam praktik ini, mahasiswa berusaha menerapkan metode kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan siswa, seperti penggunaan media digital dan simulasi interaktif. Selama praktik ini, mahasiswa juga melakukan evaluasi terhadap keberhasilan pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan tanggapan siswa.

Kegiatan Projek P5 Mahasiswa turut berpartisipasi dalam pembinaan dan membantu kegiatan Projek P5 seperti membantu ikut serta dalam gebyar P5 untuk menunjang kreativitas siswa, serta kegiatan kegiatan P5 ini tidak hanya mendukung pembelajaran formal, tetapi juga memberikan pengalaman menyenangkan bagi siswa.

Salah satu mahasiswa peserta PLP, Muhammad Azhar, dari program studi Pendidikan Bahasa Jepang, mengungkapkan bahwa pengalaman ini sangat berharga untuk meningkatkan keterampilan pedagogis dan manajemen kelas. “Program PLP ini memberikan kesempatan bagi kami untuk memahami langsung tantangan dan kebutuhan siswa di sekolah. Bimbingan dari guru pamong juga sangat membantu dalam mengasah kompetensi mengajar kami,” ujarnya.

Mahasiswa lain, Nur Amelia dari Pendidikan Ekonomi, menambahkan bahwa program ini memberinya wawasan baru tentang bagaimana mengelola pembelajaran yang menarik bagi siswa. “Saya belajar banyak tentang bagaimana menghadirkan pembelajaran ekonomi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa,” katanya.

Apresiasi dari SMA KHARISMAWITA

Kepala SMA KHARISMAWITA, Ibu Siti Zubaidah, M.Pd., menyampaikan apresiasinya terhadap program PLP ini. “Kerjasama dengan UHAMKA memberikan nilai tambah bagi sekolah kami. Kehadiran mahasiswa memberikan semangat baru dan ide-ide segar dalam proses pembelajaran. Para siswa juga sangat antusias dengan kehadiran mereka. Kami berharap program ini dapat terus berlanjut di masa depan,” kata beliau.

Komitmen UHAMKA untuk Pendidikan Berkualitas

Dosen Pembimbing, Ibu Ana Natalia, M.Pd., menambahkan bahwa program PLP merupakan salah satu langkah strategis untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademik tetapi juga memiliki pengalaman nyata di lapangan. “Kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan pengalaman ini sebagai bekal untuk menjadi pendidik yang profesional dan berdedikasi tinggi di masa depan. Program ini juga merupakan bagian dari upaya UHAMKA untuk terus bersinergi dengan lembaga pendidikan demi kemajuan pendidikan di Indonesia,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline