Lihat ke Halaman Asli

KKN Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Bertema Pendidikan dan Pengembangan SDM pada Siswa/Siswi SMK

Diperbarui: 10 Desember 2020   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

PEJUANG, KOTA BEKASI, JAWA BARAT (25/11/2020),

KKN atau kuliah kerja nyata merupakan program wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan studi S1, tetapi berbeda dari KKN yang dulu karena adanya COVID-19 tidak boleh menimbulkan kerumanan banyak orang. Maka dari itu hanya dapat dilakukan daring atau datang secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan.  

Lokasi KKN bisa dilakukan dilingkungan sekitar seperti rumah masing-masing, kantor.

seperti yang dilukan salah satu mahasiswa STMIK NUSA MANDIRI yang bernama Fauzan Akmal, Dirumahnya dengan melakukan pemberian materi tentang Pengenalan IoT Dari Rumah, yang di ikuti oleh warga sekitar VIA Google Meet, dikarenakan dilingkungannya  masih zona merah, jadi ia memberikan ilmu yang ia punya agar membantu warga sekitar Pejuang RW-004 yang mayoritas Millenial.

Kegiatan KKN ini di mulai pada jam 10:00 WIB sampai dengan selesai, Dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang jaringan telekomunikasi yang sangat modern ini, internet menjadi kebutuhan primer untuk semua kalangan masyarakat tanpa melihat status social yang menjadikan penggunaan internet oleh masyarakat mencapai hampir 24 jam per hari.

Dengan kemajuan ini, muncul sebuah inovasi dimana perangkat teknologi dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui internet agar lebih efisien dan menghemat waktu yang disebut dengan Internet of Things atau IoT. 

dok. pribadi

Pada kegian KKN ini alat yang dibutuhkan saat membuat perangkat untuk menghidupkan lampu dengan perintah suara adalah Perangkat Keras seperti Laptop/Pc, Alat-Alat Arduino dan   perangkat lunaknya seperti Arduino IDE.

“ saya memberikan materi tentang IoT dan bagaimana cara membuat alat untuk menghidupkan lampu LED dengan perintah suara. Dari mulai mengenal alat-alat yang dibutuhkan, hingga implementasi membuat nya sampai jadi alatnya.” Ucap Fauzan

dok. pribadi

Dan salah satu yang bernama Kukuh mengatakan “Saya Jadi termotivasi untuk membuat alat-alat IoT agar rumah saya menjadi smarthome “

Terimakasih untuk warga Perumahan RW - 004  sudah mengikuti bimbingan materi, semoga materi yang diberikan menjadi bermanfaat, dan semangat untuk menjalani usaha-usahanya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline