Lihat ke Halaman Asli

Aapa Itu Konsep Belajar dan Pembelajaran?

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dalam pembahasan kali ini akan membahas mengenai konsep belajar dan pembelajaran yang tentunya harus ada pada setiap lembaga pendidikan formal maupun non formal. Sebelum masuk lebih jauh mengenai konsep, alangkah lebih baiknya kita tahu dan mengerti dahulu tentang pengertian belajar dan pembelajaran. Apa itu belajar dan apa itu pembelajaran ?

Dalam hal ini banyak tokoh yang menjelaskan arti dari belajar dan pembelajaran, diantaranya menurut Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman, sedangkan menurut Gagne dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat berbagai unsur yang saling terkait sehingga menghasilkan perubahan perilaku. Dari pengertian diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku yang dialami setiap individu dalam proses belajar yang menghasilkan aspek perubahan seperti membedakan hal yang baik dan buruk berdasarkan pengalaman yang telah dialaminya. Sedangkan pengertian pembelajaran itu sendiri adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar ( UU No. 20 tahun 2003).

Setelah mengerti tentang belajar dan pembelajaran sekarang kita akan membahas mengenai konsep belajar dan konsep pembelajaran. Konsep itu sendiri merupakan suatu fakta dan keadaan yang memiliki ciri/unsur tertentu yang membentuk suatu pengertian dan makna.Hilgard dan Bower, dalam buku Theories of Learning (1975). Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atas dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan, atau keadaan-keadaan sesaat seseorang ( misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya ). Sedangkan konsep pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatau system atau proses membelajarkan subyek didik/pembelajar yang direncanakan atau didesain, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar subyek didik/pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien (Depdiknas,Model pembelajaran IPA SD,2003).

Dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep belajar dan pembelajaran adalah suatu yang sangat mendasar dari suatu proses belajar. Aspek-aspek diatas hendaknya harus saling berhubungan agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan dapat memperoleh hasil yang kongkret.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline