Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Potensi dalam Berbisnis

Diperbarui: 28 Januari 2021   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Nama              : Fauza Nur Anzaini

NPM               : 10120266       

Kelas/prodi     : E1/manajemen

Matkul            : Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Dosen              : Dr. Supriyadi, SE., M.Si

Tugas              : Karangan non fiksi berupa artikel ilmiah

MENGENAL POTENSI DALAM BERBISNIS 

Potensi bisnis berawal dari dua kata, yaitu potensi dan bisnis. Majdi (2007) menyatakan bahwa potensi adalah suatu kemampuan, kesanggupan, kekuatan ataupun daya yang mempunyai kemungkinan untuk bisa dikembangkan lagi menjadi bentuk yang lebih besar. Sedangkan bisnis merupakan suatu aktivitas dan institusi untuk memproduksi barang atau jasa yang bertujuan memperoleh laba dalam kehidupan sehari-hari (Amirullah, 2005:2).

Jika diartikan dalam dunia bisnis, potensi bisnis merupakan suatu energi penting yang dapat memperkuat tergeraknya bisnis tersebut. Dalam melakukan suatu usaha, pentingnya potensi sangat berpengaruh agar terciptanya kesempurnaan.

Dalam berbisnis terdapat potensi pasar, yang artinya mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan pasar dan menentukan lokasi usaha yang strategis sesuai dengan produk atau jasa yang akan dijual. Berikut pengukuran potensi pasar atas peluang usaha:

1. pendekatan penawaran -> kemampuan wirausaha dalam membuat suatu barang produk atau jasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline