Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Fauwzi Ramadhan

Digital Creator, Freelancer, Multitalented Student.

Ini Fauzi Ramadhan atau Fauwzi Ramadhan? Awas Keliru! Beda Nama Beda Arti!

Diperbarui: 10 Juni 2023   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fauwzi Ramadhan Personal Branding | Dok. Pribadi

Nama itu penting!

Dalam keseharian, sering kali nama diartikan dengan berbagai variasi. Ada yang memanggil saya Fauwzi, Poji, Fauzi, Paw, dan sebagainya. Bahkan, beberapa orang memanggil saya Aji, yang sebenarnya adalah panggilan rumah. Jadi, apakah ada makna nya? Mana yang sebenarnya tepat dan bagaimana membedakannya?

Nama lengkap saya adalah Muhamad Fauwzi Ramadhan. Saya lahir di Serang, Banten, Indonesia. Pada tanggal 16 Oktober 2006. Sebelum saya dilahirkan, ibu saya, Eti Sukaeti, mengidap penyakit yang membuatnya sulit untuk mengandung. Saya mendengar bahwa ibu saya menderita penyakit kista. 

Sebelum saya lahir, ibu saya telah memiliki seorang anak pertama bernama Mochamad Faizal Fajar, yang pasti merupakan kakak saya. Perbedaan usia saya dan kakak saya cukup jauh, yaitu sekitar 12 tahun. Setelah 12 tahun yang panjang itu, ayah saya, Yudi Setiadi, sangat ingin memiliki anak kedua dan berharap agar keluarga kami bisa memiliki “Si Bungsu.” Ibunda saya akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi kista. Setelah itu, saya lahir ke dunia dengan nama Muhamad Fauwzi Ramadhan.

Fauwzi Ramadhan | Dok. Pribadi

Ketika saya berusia 8 tahun, saya bertanya kepada ayah saya mengapa saya diberi nama Fauwzi. Padahal, menurut saya, nama seperti Matt Murdock mungkin terdengar keren, hehe. (Matt Murdock/Daredevil adalah tokoh favorit saya dalam Marvel). Ayah saya kemudian tersenyum dan menjawab, "Nama Fauzi memiliki arti pedang yang tajam dalam Bahasa Arab." 

Kemudian saya berpikir, mengapa ada huruf "W" di tengah nama Fauwzi? Saya tidak benar-benar ingat apa yang dijelaskan ayah dan ibu saya, tetapi yang saya ingat adalah ayah atau ibu saya mengatakan bahwa huruf "W" tersebut ditambahkan untuk membedakan saya dari orang lain, menandakan bahwa saya adalah "Fauzi" yang berbeda. Dan saat itu, saya mulai merasa bangga dengan nama Fauwzi.

Namun, karena Fauwzi terdengar agak panjang, saya dipanggil Aji di rumah. Ini adalah singkatan dari "auwzi" yang kemudian berubah menjadi Aji

Setelah memasuki SMP, saya mulai menggunakan nama Fauwzi untuk memperlihatkan identitas diri saya, menunjukkan bahwa Fauwzi adalah pemberian dari orang tua saya yang saya sangat hargai. Sejak itu, nama Fauwzi mulai dikenal oleh banyak orang. 

Karier saya dimulai ketika saya dipercaya untuk ikut serta dalam kegiatan Ruangguru Social Challenge, di mana saya berkontribusi bersama Ruangguru untuk bersosialisasi melalui karya. Di sana, saya menggunakan identitas Fauwzi Ramadhan yang dikenal luas oleh masyarakat. Dan pada saat itu karir saya melejit di dunia entertainment sebagai Fauwzi Ramadhan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline