Lihat ke Halaman Asli

Deskripsi Jujutsu Kaisen

Diperbarui: 20 September 2023   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Jujutsu Kaisen menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Yuji Itadori yang masuk ke dalam sebuah klub penelitian ilmu ghaib. Alasan mengapa Yuji mengikuti klub itu dikarenakan ia hanya ingin mendapatkan waktu santai setelah pulang sekolah. Selain itu, ia juga memiliki alasan agar bisa selalu merawat kakeknya yang sudah tua dan sudah sakit-sakitan.
Setelah Yuji bergabung ke dalam klub penelitian ilmu gaib tersebut, ada sebuah takdir yang membawanya menghadapi suatu dunia yang tidak pernah ia bayangkan. Semua takdir tersebut dimulai pada saat kedua seniornya secara tidak sengaja telah membuka segel dari sebuah jimat kutukan tingkat tinggi yang berada di sekolahnya.
Sontak saja, ada banyak sekali roh kutukan yang muncul dan menyerang anggota klub tersebut. Jimat yang sudah dibuka tersebut diketahui memiliki kekuatan untuk menarik mahluk atau monster yang tercipta karena emosi negatif dari manusia.
Yuji yang tidak memahami tentang segala hal yang berbau sihir tersebut akhirnya tidak mau menjadi seorang pecundang. Ia pun seketika menolong teman-temannya dengan hanya kemampuan fisik yang dimilikinya. Hanya saja, kekuatan fisik saja tidak cukup. Hal itu yang pada akhirnya membuat Yuji untuk nekat memakan jimat kutukan berbentuk "jari".
Sebagai seorang yang tidak mengetahui asal usul jimat kutukan tersebut, Yuji ternyata telah menjadi wadah dari sebuah roh kutukan terkuat yang pernah ada, roh kutukan tersebut biasa disebut Ryomen Sukuna. Yuji pun berhasil melindungi teman-temannya. Yuji semakin membuktikan bukan sebagai manusia normal setelah berhasil memenangkan kendali tubuhnya dari roh kutukan terkuat yaitu Sukuna.
Beberapa tahun setelah series pertama Jujutsu Kaisen rilis, muncul lah trailer mengenai film Jujutsu Kaisen yang akan di rilis pada bioskop yang berjudul "Jujutsu Kaisen 0". Akan tetapi, jika dilihat pada trailer film tersebut, tidak ada terlihat wajah Yuji dan teman-teman seangkatannya, itu dikarenakan film tersebut menceritakan tentang beberapa tahun sebelum cerita pada season pertama series Jujutsu Kaisen dimulai.
Jujutsu Kaisen 0 ini menceritakan tentang seorang bocah SMA yang bernama Yuta. Ia merupakan seseorang yang memiliki sikap pendiam dan kaku, bahkan dirinya menjadi korban perundungan oleh teman-teman sekolahnya. Sifat pendiam Yuta juga karena dirinya sempat mengalami kisah pilu pada saat humasa kecil. Di mana suatau hari Yuta harus menyaksikan kecelakaan dari teman masa kecilnya yang bernama Rika , dan Rika meninggal dunia di tempat.
Melalui kejadian tersebut, Yuta ditempeli oleh sosok roh kutukan yang merupakan wujud dari Rika. Roh tersebut bisa menempel pada Yuta karena sebuah kutukan dan Yuta pun tidak bisa mengendalikan roh tersebut karena roh tersebut sangat kuat. Karena keunikan dari diri Yuta tersebut, Yuta ditawari untuk bersekolah di sekolah penyihir Jujutsu agar Yuta bisa selamat dari kutukan tersebut dan mengajari Yuta untuk mengnontrol kekuatannya.
Anime Jujutsu Kaisen sebenernya sudah mulai digarap pada saat komik volume keduanya dirilis sejitar tahun 2018. Setelah mulai ditayangkan pada bulan Oktober 2020 lalu, anime Jujutsu Kaisen telah mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Jujutsu Kaisen pada akhirnya semakin populer dan dikenal di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Diperkirakan sekitar 200an ribu orang telah menonton anime Jujutsu Kaisen pada tahun 2020 lalu.
Nasib dari film perdana Jujutsu kaisen yang berjudul "Jujutsu Kaisen 0" juga sama seperti series nya. Film ini sempat meraih peringkat dalam daftar film terlaris di Jepang setelah 31 hari tayangnya. Film ini menjadi anime yang diproduksi oleh studio animasi MAPPA. Asapun pada saat iru tayang perdana di akhir 2021 dan secara internasional baru tayang pada 2022.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline