Lihat ke Halaman Asli

fatoni wijaya

profesi Sebagai Electrical Engineering and Ananlsis Sistem Control In University Of Muhammadiyah Malang

KKN IST Annuqayah Kembangkan Inovasi Kacang Tanah Menjadi Produk Susu Kacang Tanah dan Tempe Ampas Kacang Tanah

Diperbarui: 29 Agustus 2022   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jum'at (26/08/2022), Peserta KKN Timur IST Annuqayah posko Desa Moncek Timur melakukan pelatihan pembuatan susu kacang tanah dan tempe ampas kacang tanah, bertempat di Polindes Desa Moncek Timur.

Tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan kacang tanah menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. 

Produk kacang tanah dipilih karena sebagian besar petani yang ada di Desa Moncek Timur menanam kacang tanah di lahannya. 

Oleh karena itu, peserta KKN 01 posko Desa Moncek Timur memanfaatkan hasil pertanian masyarakat tersebut dan berharap dengan adanya kegiatan pelatihan mampu meningkatkan penghasilan masyarakat Desa Moncek Timur.

Proses pembuatan susu kacang tanah melalui beberapa tahapan. Pertama, kacang tanah direbus hingga setengah matang. Kedua, kacang tanah dipisahkan dari kulit arinya. 

Ketiga, kacang tanah di blender dengan ditambahkan air. Keempat, kacang tanah disaring untuk memisahkan antara sari dan ampas. 

Kelima, sari kacang tanah ditambahkan gula dan vanila ekstrak dan direbus dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk. Keenam, susu kacang tanah yang telah dingin dikemas dalam botol plastik.

Ampas kacang tanah yang dihasilkan dari proses pembuatan susu sebelumnya, dimanfaatkan oleh peserta KKN IST Annuqayah sebagai bahan baku produk tempe. 

Pembuatan tempe ampas kacang tanah hampir sama dengan proses pembuatan tempe pada umumnya, yaitu menambahkan ragi pada ampas kacang tanah. 

Selanjutnya dikemas menggunakan plastik dan difermentasikan selama kurang lebih 2 hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline