Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kualitas Pendidikan pada Kompetensi Siswa di Era Digital

Diperbarui: 12 Mei 2024   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(KOMPAS.COM/Shutterstock)

Era digital membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Di era digital ini, akses informasi dan teknologi semakin mudah, membuka peluang baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, di sisi lain, era digital juga menghadirkan tantangan baru bagi siswa dan guru.

Tingginya pengaruh digital terhadap peserta didik sangat berpengaruh dan berdampak pada peserta didik dalam proses belajar. Pengaruh baik dan buruk itu tergantung dengan cara penggunaanya. Adapun dampak dari menyalahgunakan digital seperti handphone yaitu membuat rendahnya minat membaca siswa saat ini.

     

Meningkatkan kualitas pendidikan di era digital perlu strategi yang baik. Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan:

1. Upayakan seluruh mata pelajaran menekankan pada praktek sesuai kompetensi yang ingin di capai. Jadi, tidak hanya mencatat saja tapi ada praktek yang dilakukan agar melatih kemampuan kita dalam praktek tersebut. 

2. Sarana prasarana pembelajarannya lengkap.

3. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran seperti:

-menggunakan platform e-learning, platform e-learning merupakan sistem pembelajaran online yang digunakan untuk menyampaikan dan mengelola kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Seperti ruang guru dll.

-gunakan media pembelajaran yang menarik, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti video animasi dan game edukasi untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam belajar 

4. Meningkatkan kompetensi guru, berikan pelatihan terhadap guru tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Guru pun perlu dilatih tentang cara menggunakan platform dan aplikasi edukasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline