Lihat ke Halaman Asli

Fatkhur Rozi

Dosen Pendidikan Jasmani dan Olahraga di IAIN Salatiga dan Majelis Sabuk Hitam (MSH) INKAI DAN II, Anggota Pengurus Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Salatiga

Awali dengan Berdoa

Diperbarui: 2 Januari 2020   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Banyak dari kita mungkin mengenal istilah "mens sana in corpore sano" yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan kata lain, kita memiliki kekuatan yang lebih dalam jiwa kita yang mana dihasilkan dari kondisi tubuh yang sehat. 

Sehat berarti sehat jasmani dan rohani. Ungkapan ini banyak digunakan dalam konteks olahraga dan pendidikan untuk mengekspresikan teori bahwa latihan fisik adalah bagian penting atau esensial dari kesejahteraan mental dan psikologis.

"Mens sana in corpore sano" lebih jauh mengandung makna bagi diri kita untuk bisa menjaga kesehatan jasmani dan rohani melalui pola latihan fisik yang baik dengan ketekunan. Lebih lanjut lagi, sejatinya kita tidak hanya harus sehat. Sehat secara umum hanya mengartikan berfungsinya organ tubuh dan anggota tubuh kita berfungsi dengan baik. 

Akan tetapi, berbeda dengan istilah bugar/segar. Kebugaran/kesegaran jasmani diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih ada energi sisa. Dengan demikian kita tidak hanya cukup sehat tetapi sebisa mungkin pada level bugar/segar.

Kita banyak sekali hanya tahu tentang "Mens sana in corpore sano", tetapi kita banyak yang tidak tahu bahwasanya sebelum frasa itu ada potongan frasa lain yang terpenggal. Frasa tersebut adalah "orandum est ut sit", yang berarti "You should pray" (kamu harus berdoa). Jadi yang terutama dalam hidup ini adalah berdoa sebelum memulai segala sesuatu dalam kehidupan kita.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline