Lihat ke Halaman Asli

Fatiya Rosyidah

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya

PC IPM Mantup Adakan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1

Diperbarui: 22 Februari 2023   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pada hari Sabtu - Ahad (18-19, Februari 2023 ) pimpinan cabang Ikatan pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Mantup menggelar  Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 (PKDTM 1 ) di Gedung SMK Muhammadiyah 10 Mantup dengan Tema "Terbentuknya kader yang berkepribadian islami, terampil, dan loyal terhadap ikatan".  Kegiatan ini dihadiri oleh 25 peserta dari berbagai  pimpinan Ranting seperti PR IPM SMKM 10 Mantup, PR IPM Ngimbang, PR IPM SMPM 22 Mantup. 

Pembukaan PKDTM 1 dihadiri oleh Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mantup (PCM) Dr. Drs. H. Sofyan Hadi, M.Pd. yang juga membuka acara PKDTM 1. Sofyan berpesan isilah hari2 mu dengan kebaikan jika tidak disi dengan kebaikan maka kamu akan mengisi dengan keburukan. jika orng baik tidak mau tampil maka yg tampil siapa, jika orang baik tidak mau memimpin maka akan di pimpin oleh orang-orang jahat. untuk mempersiapkan pemimpin masa depan, generasi unggul, generasi emas harus d bekali baik.

 Ali menegaskan bahwa ada beberapa Kriteria Generasi unggul yang pertama, Harus kuat ilmu yang cukup tinggi (Ilmu untuk menenangkan hati, memperluas fikiran sehingga terhindar dari kesusahan, kesedihan dan kegundaan. 

kedua kuat secara emosional 

 Hubungan Antar teman dan sahabat itu penting. Maka harus d banggun tutur kata yang baik. Tidak boleh mengandalkan emosional. Ketiga generasi unggul harus kuat kesehatan rohani dan jasmani. 

Keempat Kuat secara spiritual jangan lupa berhubungan baik dengan Allah jangan lupa sholatnya, ngajinya, tahajudnya, Hatinya harus bersih, bahagia, lapak, wajah harus berseri seri.

Kelima financial kantong harus tebal. Jangan ada kekosongan dalam hidup karena kekosongan membinasakan, harus pandai berusaha, mengatur dan memanajemen ekonomi.

Ketua Umum PC IPM Mantup juga menegaskan bahwa Pelatihan Kader Dasar Taruna melati 1 adalah proses awal atau dasar dari perkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah menuju jenjang yang lebih lanjut. "Salah satu program guna melanjutkan roda kepemimpinan IPM adalah kegiatan PKTM I". Tutur Mujibburahman selaku Ketua Umum PC IPM Mantup. 

Kegiatan PKDTM 1 ini juga menyampaikan materi-materi pendukung, seperti Keislaman, Kemuhammadiyahan, Ke-IPM- an, Manajemen Organisasi, dan Teknik Persidangan. Kegiatan menarik dan menyenangkan Selain materi keislaman Dan keorganisasian PKDTM 1 PC IPM Mantup juga diisi kegiatan Forum Grup Diskusi (FGD)  kultum dan outbound. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline