Pentingnya Bimbingan Konseling Terhadap Anak Sekolah Dasar
Seiring perkembangan zaman sekarang ini, permasalahan yang dihadapi peserta didik sangat beragam, khususnyaa di Sekolah dasar. Saat ini banyak perilaku peserta didik pada usia SD atau masih tergolong anak -- anak ini yang dapat menghambatnya untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya maupun dalam pembentukan karakternya. Bimbingan dan Konseling merupakan suatu komponen yang harus ada di sekolah khususnya SD untuk membantu guru kelas dalam menyelesaikan masalah -- masalah yang dihadapi peserta didik ini dan membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi yang dimiliknya. Bimbingan dan Konseling dirancang untuk memobilisasi dan membimbing siswa ke pendidikan yang baik dan mempersiapkan mereka untuk posisi tertentu dengan tanggung jawab.
Di sekolah dasar tidak ada guru khusus untuk Bimbingan Konseling seperti di jenjang sekolah atas. Oleh karena itu guru kelas harus menjalankan tugasnya dengan secara menyeluruh baik tugas menyampaikan materi pelajaran maupun memberikan layanan bimbingan konseling kepada semua siswa. Adanya tugas dan tanggung jawab guru kelas yang penuh beban seperti mengajar dan evaluasi siswa sehingga tugas sebagai seorang guru atau pendidikdalam memberikan layanan bimbingan konseling kurang membawa dampak positif bagi peningkatan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya adanya bimbingan dan konseling untuk siswa sekolah dasar. Sehingga keberadaan guru bimbingan khusus masih sangat diperlukan dalam membantu siswa menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensinya. Oleh karena itu anak usia sekolah dasar memerlukan perhatian kkhusus agar siswa dapat mencapai prestasi belajar dan potensi yang dimilikinya dapat berkembang secara optimal tanpa mengalami hambatan yang berarti.
Ada beberapa bidang layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier. Perencanaan bimbingan dan konseling perlu dilakukan supaya program dapat berjalan secara sistematis, terkoordinir dan juga terarah. Pada proses pelaksanaannya perlu dilakukan pengawasan agar sesuai dengan perencanan bimbingan dan konseling yang sudah direncanakan. Selain itu evaluasi pentingnya bimbingan dan konseling juga perlu dilakukan supaya tercipta keselarasan program dan dapat mengatasi hambatan-hambatan permasalahan yang dialami siswa. Dalam hal ini pentingnya bimbingan dan konseling juga diperlukan untuk perubahan kemajuan siswa dilihat dari pencapaian tujuan dari layanan bimbingan dan konseling.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H