Lihat ke Halaman Asli

Fatimah Salsa biela

mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

Bentuk Bela Negara sebagai Mahasiswa

Diperbarui: 20 Desember 2023   13:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

warga negara merupakan salah satu aset yang dimiliki negara untuk menjaga kedaulatan. salah satu bentuk cinta masyarakat terhadap negaranya adalah dengan sikap bela negara dengan menerapkan sila dasar bela negara yaitu : 

1. cinta tanah air 

cinta tanah air adalah perasaan cinta terhadap bangsa dan negara. pada hakikatnya cinta tanah air adalah kebanggan menjadi bagian bagian dari tanah air dan bangsa yang pada ujungnya ingin bertindak untuk mengharumkan nama bangsa. 

2. kesadaran berbangsa dan bernegara 

kesadaran berbangsa dan bernegara bermakna individu yang hidup dan erikat dalam naungan negara harus memiliki sikap dan perilaku yang tumbuh dari kemauan individu itu sendiri

3. yakin akan pancasila sebagai ideologi negara

yakin akan pancasila sebagai ideologi negara bertujuan agar tugas dan wewenangnya terarah pada dasar negara seiring dengan perkembangan jaman dan dinamika masyarakat. 

4. rela berkorban untuk bangsa dan negara 

rela berkorban untuk negara dan bangsa adalah rela meluangkan waktu, tenaga, pikiran untuk kepentingan umum. rela berkoran juga dapat dipahami sebagai pengabdian tanpa pamrih yang diberikan untuk negara yang dilakukan dengan penuh kesadaran 

5. memiliki kemampuan awal bela negara 

ialah memiliki kecerdasan emosional, spiritual, dan intelegensi yang memelihara jiwa dan raganya serta memiliki sikap ulet, kerja keras, dan disiplin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline