Lihat ke Halaman Asli

fatimah saadah

Undergraduate Sociology at Universitas Airlangga

"Jamu" Warisan Moyang Yang Kaya Manfaat

Diperbarui: 28 Desember 2023   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : dokumen pribadi

Di era modernisasi sekarang perkembanagn teknologi sudah semakin canggih. Dengan kemajuan teknologi ini memudahkan manusia untuk melakukan aktivitas. Tak sedikit pula yang lebih memilih mengonsumsi makanan cepat saji dibandingkan makanan yang bergizi. Sama halnya dengan minuman, pada zaman sekarang minuman tradisional yang lebih mengandung banyak manfaat telah terlupakan. Khususnya pada kalangan anak muda. Contohnya minuman sinom.

Sinom merupakan minuman herbal dengan menggunakan hana utama daun asam. Biasannya minuman herbal meiliki rasa yang pait berbeda dengan sinom, minuman ini memiliki rasa yang segar. Sinom tidak hanya terbuat dari daun asam saja, namun dari bahan-bahan alami yang lain, seperti kunyit, kayu manis, gula dan daun sinom. Namun cara pembuatannya tidak boleh sembarangan, diperlukan Teknik khusus agar campuran dari bahan-bahan diatas dapat memberikan khasiat dengan rasa yang nikmat. 

Selain rasanya yang segar minuman ini memiliki banyak khasiat yaitu: 

1.Antiseptik

Antiseptic yang terkandung dalam minuman sinom dipercaya dapat menangani gejala demam.

2. Antioksidan alami 

Jika memiliki kesibukan yang padat, dianjurkan untuk mengonsumsi minuman ini agar tubuh menjadi kebal terhadap penyakit, karena antioksidan yang terkandung dalam sinom berguna menangkal radikal bebas 

3. Mengatasi masuk angin 

Khasiat sinom juga bisa mengatasi masuk angin, perut begah, mual, dan pusing. Selain itu, banyak juga yang menggunakan sinom sebagai obat alami untuk terapi penyakit lambung.

 4. Mengurangi nyeri saat haid 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline