Lihat ke Halaman Asli

Fatimah

Perpustakaan

Menjaga Citra Mahasiswa di Tengah Masyarakat

Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Citra adalah gambaran yang terbentuk dalam pikiran kita mengenai  seperti apa kita sebagai seorang manusia. Pembentukan citra diri seorang mahasiswa tergantung diri seorang mahasiswa dalam menggambarkan dirinya  di tengah masyarakat, citra diri ini lebih pada penilaian seseorang terhadap diri kita sendiri berdasarkan penampilan yang tergambarkan oleh masyarakat yang melihatnya. Citra pada diri sendiri bersifat citra diri negatif dan cira diri positif.
Citra diri Tergantung kita bagaimana cara kita menampilkan sesuatu yang bisa dinilai seseorang yang melihatnya sesuai pola penilaian mereka yang dimana objek citra itu sungguh terlihat.

Penilaian dari setiap orang untuk sebuah citra tidaklah semuanya bersifat positif, penilaian setiap orangnya sangatlah berbeda adanya citra positif dan citra negatif tentunya memiliki dampak terhadap penilaian citra seseorang misalnya citra seorang mahasiswa  akan mendapatkan pujian dan penilaian positif jika seorang mahasiswa itu mampu menggambarkan diri layaknya sebagai seorang mahasiswa ditengah masyarakat dan ini akan mengundang pola penilaian masyarakat yang sngat positif terhadap keberadaan mahasiswa tersebut tapi sebaliknya masyarakat yang berpendapat negatif dan merasa seorang mahasiswa tidak memiliki gambaran peran dalam sebuah masyarakat pasti mereka akan menganggap mahasiswa tidak memiliki citra positif yang bisa di jadikan contoh dalam sebuah masyarakat.

Untuk citra seorang mahasiswa penilaian dari semua orang itu sangatlah penting, ketika penilaian positif itu terhadap mahasiswa maka ini akan mengguguah rasa giat oleh mahasiswa dalam memperankan dan menggambarkan citra di tengan masyarakat tetapi terkadang masyarakat yang ada yang berpandangan negatif terhadap mahasiswa dang dimana masyarakat selalu memandang keluarga dari seorang mahasiswa tanpa melihat peran dan citra yang telah mahasiswa optimalkan layaknya seorang mahasiswa ditengah masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline