Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Otak Bayi pada Saat Masih dalam Kandungan

Diperbarui: 23 April 2022   12:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tak sedikit dari kita pasti sering bertanya-tanya tentang cara bertumbuhnya bagian-bagian yang ada pada tubuh kita terutama otak. Otak memang salah satu bentuk ciptaan Allah yang sangat spektakuler. 

Tak jarang jika pertanyaan ini sering muncul dibenak kita "mulai kapan sih otak manusia itu berkembang?" "Bagaimana ya proses berkembangnya?" Nah, pada artikel kali ini kita akan mempelajari pertumbuhan otak bayi pada masa pre-natal atau saat masih dalam kandungan.

Tidak henti-hentinya manusia mencari tau tentang salah satu sistem yang Allah ciptakan ini. Otak selalu saja menjadi topik yang paling hangat untuk dibicarakan. Jika kita mencari pemikiran yang lebih logis sebenarnya tak akan sampai otak kita sendiri untuk memikirkannya. Namun, para ahli dan ilmuan-ilmuan tak menyerah untuk bisa menyusuri dan mencari tahu bagian ini.

Kapan sih pertama kali otak bayi itu tumbuh dan berkembang?

Ternyata pada saat bayi masih dalam kandungan otak mereka sudah mulai tumbuh loh. Fase ini termasuk salah satu fase yang terpenting pada tumbuh kembang janin. 

Tidak hanya saat dalam kandungan saja loh perkembangan otak bayi itu berlangsung, bahkan pada saat bayi dilahirkan perkembangan otak mereka juga masih berlangsung, tapi fase ini masuk ke dalam fase perkembangan otak bayi setelah dilahirkan. Makannya, perkembangan otak bayi harus selalu diperhatikan bahkan sejak saat si bayi masih ada di dalam kandungan.

Lalu pada usia berapa kehamilansih bayi dalam kandungan otaknya mulai tumbuh dan berkembang? Perkembangan otak pada bayi sudah mulai berlangsung pada saat pertama bayi berada dalam kandungan (usia pertama kehamilan) sampai mereka dilahirkan. Yuk simak tahapan-tahapan perkembangan otak bayi pada saat masih dalam kandungan!

Pada empat minggu pertama setelah pembuahan atau sekitar 16 hari setelah sperma membuahi sel telur, pembentukan dasar dari sumsum tulah belakang dan otak janin atau neural plate sudah mulai terbentuk. Neural plate atau otak janin ini akan terus tumbuh. Hingga ia berubah menjadi neural tube atau tabung saraf. 

Tabung ini berdiferensiasi menjadi otak depan, otak tengah, otak belakang, dan sumsum tulang belakang. Sebelum itu tabung saraf ini mulai menutup pada saat usia kehamilan sudah mencapai 5-8 minggu. Baru terbagi lah tiga bagian ini otak depan, otak tengah dan belakang, yang nantinya otak belakang akan membentuk sumsum tulah belakang.

Pada saat bayi dalam kandungan sudah menginjak 5 mingguan sel-sel yang ada pada bayi mulai bertambah yang kemuadian sel-sel itu akan membentuk fungsi-fungsi tertentu. Otak depan akan berkembang menjadi korteks serebral, yang menerjemahkan, stimulasi sensorik. 

Ini juga mengontrol kompleks, perilaku, pikiran, ingatan, dan pemecahan masalah. Otak tengah akan berkembang menjadi stasiun relai saraf untuk mengirimkan informasi dari tubuh ke berbagai situs di otak. Jangan lupa pada usia ini juga detak jantung mulai berkembang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline