Lihat ke Halaman Asli

Essay Efektivitas Program Zakat

Diperbarui: 17 Mei 2022   20:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Fatimah Lintang
NIM : 215120307111095

ESSAY: EFEKTIVITAS PROGRAM ZAKAT PRODUKTIF DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELURAHAN LEMBAH DAMAI

Program Zakat Produktif adalah layanan keuangan dalam bentuk hadiah modal perjuangan buat para mustahik (penerima zakat) supaya perjuangan mereka berkembang. Sistem pendanaan dengan menaikkan pendanaan (kapital) sampai bisa mandiri kemudian dialihkan pada mustahik lainnya. 

Selain itu ada pula dalam acara zakat produktif pembinaan wirausahaini adakan dalam rangka menyampaikan dorongan bagi warga  dhuafa buat merubah cara pendang pada dunia usaha. sasaran target penelitian merupakan rakyat yang beranjak pada kegiatan usaha mikro dan kecil.

Distribusi zakat yang baik Bila terdapat unsure pendidikannya serta didasarkan  pada prinsip swadaya buat mencapai kemandirian. Targetnya artinya buat menjadikannya dari mustahik zakat menjadi seorang muzakki baru yang bisa meembuat ekonominya maju. Kesejahteraan umat dapat digerakkan serta dipacu menggunakan bergulirnya dana yang dimanfaatkan sang mustahik secara produktif buat berproduksi. Menggunakan metode hadiah zakat produktif menjadi kapital usaha oleh LAZ dibutuhkan bisa mewujudkan kesejahteraan umat.

 Para mustahik bisa berusaha serta menerima penghasilan sesudah menerima bantuan kapital perjuangan,mustahik tadi bisa hayati dengan layak. sehingga kebutuhan hayati bagi diri dan  keluarganya dapat terpenuhi.

Setelah megenai tentang apa yang dimaksud dengan zakat produktif yang dimaksudkan untuk mengubah cara pandang para mustahik, maka metode untuk menerapkan meneganai penangguangan maksud zakat produktif ini di kelurahan lembah amai bisa dengan memperhatikan kembali wilayah yang ditempati tersebut banyak menonjol atau lebih kepada saja yang jadi sumber daya di sana, 

jika memang di daerah keluarahan lembah damai banyak berpenghasilan dari segi petani, maka alangkah baiknya pemerolehan dana bantuan zakat tersebut dapat di putar atau dimanfaatkan menjadi dana dalam proses pertanian yang mau dikembangkan

Lalu, jika kita mengevaluasi kembali apa bila ada seoranng mustahik yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan pertanian yang dimiliki atau lebih tepatnya tidak tahu mengenai lingkup pertanian yang biasanya di  kelurahan lembah damai bayak beprofesi sebagai petani, 

para mustahik bisa saja lari ke bidang perdagangan, yaitu banyak lingkup yang dibutuhkan untuk perdagangan, karena kebetulan hal yang dimiliki di pedesaan adalah bahan pokok, para ustahik bisa memanfaatkan kebutuhan umum yang dibutuhkan di daerah tersebut untuk membuka usaha menegenai hal itu.

Adanya suatu obsevasi ini dilakukan untuk memahami apa saja yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia yang memiliki hak untuk menjadi salah satu mustahik. Adanya zakat produktif ini bisa dijadikan produktif apabila sumber daya manusianya dapat menerima dengan baik dari pendanaan zakat tersebut maka itu yang bisa merupah akan zakat tersebut menjadi zakat prouktif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline