Ditulis oleh Kelompok 4
Dinda Inayah (1405619026); Fadila Nur Salsabila (1405619055); Fatimah Azzahra (1405619022); Indah Anggita Putri (1405619024); Nur Aini (1405619018)
Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Jakarta
Pendahuluan
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu mata pelajaran dalam pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). IPS memiliki kekhasan dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya yakni memiliki kajian yang bersifat terpadu, interdisipliner, multidimensional bahkah cross-diciplinary.
Pendidikan IPS memiliki karakteristik sebagai mata pelajaran di sekolah yang materinya cukup luas. Dinamika cakupan tersebut ini dikarenakan semakin kompleks dan rumitnya permasalah sosial.
IPS merupakan sebuah studi yang terintegrasi dengan disiplin ilmu sosial lainnya seperti antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, sosiologi, humanioran, dan lain sebagainya.
Mata pelajaran ini mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu-isu sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik disiapkan dan diarahkan agar mampu menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Dengan pembelajaran IPS diharapkan menjaga semangat kewarganegaraan yang baik, sehingga mampu menyikapi berbagai isu-isu sosial dengan baik. Secara langsung maupun tidak langsung, masyarakat bersentuhan dengan isu global, maka dari itu diperlukan respon dan penyelesaian masalah yang baik.
Kurikulum Pendidikan IPS di SMP
Pada satuan pendidikan sekolah menengah pertama, mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial ini memiliki kurikulum tersendiri yang tentunya menjadi acuan bagi guru atau para pengajar untuk membuat rencana pembelajarannya yang sesuai dengan kurikulum dan juga indikator yang terdapat dalam kurikulum tersebut.