Lihat ke Halaman Asli

Fatima Alzahraa

Pelajar, SMP

Mentoring Beasiswa Rinaldi: Tips Menjadi Konten Kreator Hebat Ala Jerhemy Owen

Diperbarui: 26 Februari 2023   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mentoring Beasiswa Rinaldi ke-4 Bersama Jerhemy Owen (dok: Beasiswa Rinaldi)

Dalam rangka membantu meningkatkan pengetahuan dan minat mengenai dunia konten kreator, Beasiswa Rinaldi mengundang Jerhemy Owen dalam kelas mentoring untuk membagikan kisah dan pengalamannya sebagai konten kreator muda yang kerap memberikan konten edukasi mengenai lingkungan. Mentoring ini diadakan melalui plattform Zoom pada hari Minggu (26/02/2023) dengan tema "How To Create Great Content In Social Media". Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rinaldi Nur Ibrahim sebagai pendiri Beasiswa Rinaldi, 11 Awardee beserta Project Leader dari Beasiswa Rinaldi.

Beasiswa Rinaldi rutin mengadakan mentoring. Hal ini diharapkan dapa menjadi wadah yang sangat berguna bagi para Awardee untuk berkembang, baik itu dalam kehidupan pribadi, pendidikan, karir, dan lainnya. Pada mentoring ke-4 ini, Jerhemy Owen memberikan materi mengenai konten kreator yang dilaksanakan pada pukul 14.30 WIB hingga 16.30 WIB.

Konten kreator adalah profesi yang menarik dan dapat dijalani oleh siapa saja, termasuk anak muda. Menjadi sorang konten kreator yang sukses di masa muda memerlukan kombinasi keterampilan kreatif, komunikasi yang baik, percaya diri dan manajemen diri yang baik. Skill tentang konten kreator inilah yang dapat membantu seseorang untuk membangun karir yang sukses di masa depan. Beasiswa Rinaldi mengadakan mentoring ini bertujuan untuk membantu konten kreator pemula untuk meningkatkan kualitas konten menjadi menarik dan berkualitas. Bersama Jerhemy Owen sebagai pemateri, peserta mentoring akan mendapatkan pelajaran dari  pengalaman yang ia miliki.

Jerhemy Owen mengawali mentoring ini dengan memperkenalkan dirinya sendiri dan menceritakan awal mula ia mengawali karirnya sebagai konten kreator. Jerhemy Owen adalah seorang mahasiswa di Belanda, tepatnya di Avans University of Applied Sciences, Breda jurusan Teknologi Lingkungan. Hal inilah yang membuat ia fokus dan dikenal sebagai seorang konten kreator yang memiliki konten tentang lingkungan dan kehidupannya sebagai mahasiswa di Belanda.

Menjadi seorang konten kreator muda tentu saja akan mendapatkan rintangan tersendiri. Jerhemy Owen mengaku ada salah satu masalah yang pernah ia hadapi saat menjadi konten kreator. "Di awal 2022, algoritma akun tiktok menurun. Viewers penonton konten gue turun drastis. Sampai akhirnya gue baru tahu kalau audiens gue masuknya ke algoritma Belanda, sedangkan konten gue pakai bahasa Indonesia." Mengetahui apa masalah yang sedang ia hadapi, Jerhemy Owen mengaku harus membuat akun baru untuk membuat konten, hal ini membuatnya harus mengulang dari awal. Setelah mengatasi hal ini justru ia mendapatkan feedback yang lebih baik dari audiens sebagai seorang konten kreator dengan konten mengenai lingkungan.

Menjadi konten kreator bisa menjadi cara yang menarik untuk mengekspresikan diri dan berbagi pengetahuan dengan orang lain. Berikut beberapa hal yang penting untuk menjadi seorang konten kreator yang baik menurut Jerhemy Owen.

1. Tentukan Topik Yang Diminati

Pilih topik yang sesuai dengan minat dan keahlian. Hal ini akan mempermudah audiens untuk mengidentifikasi keunikan dan ciri khas konten anda.

2. Pelajari Platform Konten

Dengan mempelajari algoritma platform seperti Youtube, Instagram, atau Tiktok, akan mempermudah urusan-urusan saat menjadi konten kreator.

3. Cek Target Audiens

Pilihlah topik yang sesuai dengan target audience yang ingin dituju. Pikirkan apa yang dibutuhkan atau diinginkan para audience.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline