Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Nilai Sumpah pemuda di Era Modern

Diperbarui: 28 Oktober 2024   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dong dengan peristiwa sumpah pemuda? Peristiwa sumpah pemuda adalah peristiwa lahirnya sumpah pemuda hasil dari pada kongres pemuda 2 yaitu kongres yang berisi kelompok pemuda dari berbagai daerah seperti jong java, jong Celebes, Jong Ambon dan lain-lain. Sumpah pemuda lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah pemuda inilah yang membakar semangat para pejuang agar Indonesia bisa merdeka.

Nah di era modern seperti ini, banyak anak muda yang mulai melupakan peristiwa sumpah pemuda ini. Tapi memangnya penting ya untuk kita mengetahui sejarah sumpah pemuda ini?

Ternyata peristiwa sumpah pemuda ini memiliki banyak sekali nilai-nilai yang penting untuk diterapkan di era modern seperti sekarang. Beberapa diantaranya adalah :

1) Mengembangkan Ide kreatif 

Para pemuda yang berpartisipasi dalam kongres pemuda berusaha keras untuk mengembangkan ide sehingga terciptalah sumpah pemuda. Sama halnya dengan kita sekarang, kita perlu terus berinovasi menciptakan karya hebat. Ditambah lagi, dengan bantuan teknologi kita bisa lebih leluasa untuk mencari informasi dan inspirasi.

2) Membangun Rasa Persatuan

Di era digital seperti ini, dengan bantuan teknologi kita merasa bahwa kita bisa lebih mandiri bukan? Lantas mengapa kita harus tetap memiliki rasa persatuan? Kalian pernah mendengar tidak, ada pribahasa berbunyi "two better than one" yang artinya bersama lebih baik daripada sendiri, untuk menciptakan karya hebat maka kita perlu berkolaborasi dengan orang lain yang berarti rasa persatuan sangatlah penting 

3) Mempertahankan Budaya 

Dalam sumpah pemuda yang ketiga, di sebutkan "kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia". Namun di era modern seperti ini, banyak orang yang mulai melupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebenernya hal ini bukan hanya tentang bahasa, namun untuk semua budaya Indonesia. Maka dari itu, agar budaya kita tetap terjaga, maka kita perlu melestarikan budaya Indonesia.

Peristiwa sumpah pemuda memilki banyak sekali nilai-nilai yang penting untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, selain kita harus mengenang peristiwa nya, kita juga harus menerapkan nilai-nilai positif nya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline