Kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakan tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya, sopan dalam berinteraksi dengan orang lain, memiliki dorongan prestasi serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Beberapa siswa juga merasakan perilaku insecure. Insecure sendiri dapat diartikan sebagai rasa tidak aman atau rasa takut akan terjadinya sesuatu yang dimana hal ini dipicu dengan rasa ketidakpuasan bahkan tidak yakin akan sebuah kapasitas yang terdapat pada diri sendiri.
Layanan yang telah diberikan pada bimbingan klasikal di kelas X Akuntasi menggunakan metode problem based learning berbantuan media puzzle. Layanan ini difokuskan untuk menambah pemahanan siswa tentang percaya diri. Siswa juga disajikan materi tentang percaya diri seperti pengertian, ciri-ciri tidak percaya diri (insecure), faktor-faktor yang mempengaruhi, maupun cara meningkatkan percaya diri.
Media puzzle tersebut berisi tentang kasus-kasus yang relevan terkait dengan kepercayaan diri. Dalam pelaksanaannya siswa diminta untuk berkelompok, kemudian diberikan media puzzle pada masing-masing kelompoknya. Setiap kelompok harus menyelesaikan menyusun puzzle agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah disediakan pada lembar kerja kelompok. Hal tersebut siswa didorong untuk memahami apa saja yang terkandung dalam puzzle tersebut.
Untuk menambah antusias peserta didik penyusunan puzzle diberikan waktu agar peserta didik berlomba-lomba untuk menyelesaikan puzzle yang telah diberikan. Setelah menyusun puzzle peserta dan mengerjakan pertanyaan yang ada pada lembar kerja kelompok. Masing-maisng kelompok menunjuk salah satu untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Dengan dilakukan layanan tersebut siswa dilatih untuk lebih percaya diri terhadap kemampuan masing-masing, seperti yang sudah dilakukan pada layanan bimbingan klasikal mulai dari penyusunan puzzle hingga mampu untuk mempresentasikan hasil diskusi tiap kelompok. Tak lupa siswa diberikan penguatan terhadap sikap positif yang telah dibuat agar siswa dapat membangun kepercayaan diri sehingga dapat merubah sikap insecure menjadi lebih bersyukur.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H