Lihat ke Halaman Asli

Apresiasi Karya Sastra Melalui Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata

Diperbarui: 21 Mei 2024   23:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Menurut saya, Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata adalah sebuah karya sastra yang sangat berharga dan relevan dengan masyarakat Indonesia. Novel ini menampilkan tema yang sangat penting dan menggambarkan bagaimana pendidikan dapat menjadi alat yang efektif untuk mengatasi segala rintangan. Dengan menggunakan gaya bahasa yang terpengaruh dengan aksen budaya bahasa Melayu, penulis berhasil menciptakan suasana yang menegangkan, mengharukan, dan menyenangkan dalam cerita novel ini.

Novel ini mengisahkan tentang 10 anak yang menjalankan pendidikan di SD Muhammadiyah Gantung ditemani oleh berbagai ragam emosional, mulai dari rasa bahagia, dramatis, hingga mengharukan sekalipun. kisah ini bermula ketika penerimaan siswa dan siswa baru di SD Muhammadiyah Gantung. Ketika penerimaan murid baru, terdaftar kurang lebih 9 murid. Akan tetapi, sayangnya kuantitas tersebut tidak mencukupi syarat keberlangsungannya pendidikan di SD Muhammadiyah itu. namun seperti anugerah yang datang dari tuhan, ada 1 murid lagi yang mendaftar di SD tersebut sehingga melengkapi batas minimal syarat keberlangsungan sekolah tersebut.

Penggunaan unsur intrinsik seperti tema, plot, latar, sudut pandang, dan amanat dalam novel ini sangat efektif dalam menggambarkan kehidupan para siswa di Desa Gantung, Belitung Timur. Tema utama novel ini adalah perjuangan dan semangat para siswa yang datang dari keluarga miskin untuk belajar dan berkembang. Plot cerita yang menggunakan alur maju membuat pembaca ikut bergerak dengan perjalanan hidup para siswa dan guru mereka.

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini sangat unik dan memungkinkan pembaca untuk merasakan suasana yang diangkat dalam cerita. Penggunaan beberapa istilah asing juga menambah nilai budaya dan keunikan novel ini.

Menurut saya, ini adalah salah satu novel terbaik yang pernah saya baca. karena dari novel ini lah saya mendapatkan banyak pembelajaran hidup. salah satunya adalah bahwa hidup itu harus dijalankan dengan kerja keras, apalagi di usia yang masih muda dengan semangat dan tekad yang masih membara, dan satu lagi hal yang saya pegang sampai saat ini adalah "JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK BERMIMPI DAN MEMPUNYAI CITA-CITA YANG TINGGI".

Walaupun novel ini termasuk terbitan yang sudah cukup lama, namun novel ini masih relevan untuk dibaca sampai saat ini guna memberikan pembelajaran dan inspirasi kepada khalayak ramai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline