Lihat ke Halaman Asli

fathul geograf

Penulis Buku dan Peneliti

Inovasi Botol Plastik Tekan-Simpan: Langkah Kecil untuk Mengatasi Gunung Sampah

Diperbarui: 16 Oktober 2024   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tumpukan Sampah Botol Plastik. Sumber: Penulis

Fathul Bari

Masalah sampah menjadi hal yang mendesak untuk segera ditangani dengan sebuah inovasi cerdas. Pasalnya permasalahan limbah berbahan plastik seperti botol air mineral, semakin menjadi kehawatiran, yang diakibatkan menumpuknya sampah sehingga menjadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) padat. Sedangkan ketersediaan TPA sendiri di beberapa wilayah belum memadai. 

Oleh karena itu, tumpukan sampah plastik ini semakin menjadi masalah yang perlu di atasi. Banyak yang berbicara green lifestyle salah satunya dengan membawa tumbler, namun apabila air di dalam tumbler tersebut didapat dari botol air mineral yang dibeli. Hal inilah yang menjadi penyebab semakin menambahnya jumlah sampah botol plastik.

Meningkatnya jumlah sampah dari botol plastik menyebabkan bertambahnya penggunaan ruang-ruang pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Harusnya botol plastik tersebut di desain dengan cara lebih ramah pada saat di TPA sehingga tidak memakan ruang yang banyak. 

Desain tersebut dapat dibuat dengan lebih elastis sehingga para pengguna botol plastik dengan sendirinya dapat memperkecil besarnya botol tersebut. Maka dengan cara ini ruang-ruang yang tadinya terpakai oleh besarnya botol plastik menjadi dapat digunakan kembali untuk sampah yang lain. 

Solusi cerdas untuk mengatasi masalah ini yakni dengan menghadirkan desain tekan-simpan sebagai langkah kecil namun berdampak besar dalam pengurangan volume sampah botol plastik. 

Desain Tekan-Simpan: Solusi untuk Efisiensi Ruang

Selain desain Tekan Simpan ini dapat menjadi inovasi cerdas dalam mengatasi masalah penumpukan sampah botol plastik akibat kebutuhan volume lebih, terdapat beberapa manfaat yang menjadikan solusi ini sebagai jalan lebih ramah lingkungan. Pertama, dengan cara memperkecil ukuran botol maka akan memungkinkan lebih banyak botol yang dimuat pada Tempat Pembuangan Sampah, sehingga secara otomatis cara ini bisa mengurangi banyaknya muatan sampah botol plastik tersebut. Selanjutnya, setelah botol ini berada di lokasi TPA sudah terkompresi langsung, ini dapat memperlambat lajunya peningkatan tumpukan sampah.

Pengurangan Jejak Lingkungan

Selain itu, dengan cara menggunakan botol plastik dengan desain tekan-simpan ini juga dapat mengurangi jejak karbon. Hal ini karena truk yang bertugas menganggkut tidak perlu beroperasi lebih lama dan beberapa kali angkut, sehingga menurunkan penggunaan bahan bakar dan lebih rendah emisi yang dihasilkan. Sehingga semakin sedikit sampah yang diangkut ke TPA, semakin sedikit juga emisi yang dihasilkan dari transportasi sampah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline