Lihat ke Halaman Asli

Fathyah Rahmaniah

Sharing is caring

Dampak Positif dan Negatif dari Pembelajaran Daring

Diperbarui: 15 Juli 2021   21:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Apa Saja Dampak Negatif dari Pembelajaran Daring?

Akibat dari  sistem pembelajaran daring dengan kesehatan mental pelajar mulai dari sekolah dasar hingga jenjang perkuliahan yang mana mereka merasa jika sistem pembelajaran daring tidak efektif selama masa pandemi ini, sehingga menyebabkan banyak dari mereka mengalami gejala post-traumatic stress disorder atau PTSD mulai dari sedang hingga berat yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Selain itu juga pembelajaran daring dapat menurunkan semangat dan motivasi pelajar yang berdampak pada performa akademiknya. Pembelajaran daring kerap membuat mereka bosan. Pembelajaran daring juga memiliki efek negatif terhadap proses belajar mengajar seperti kesulitan pada jaringan disetiap daerah pelajar, tidak terlalu mengerti terhadap apa yang disampaikan guru atau dosen, sebagian pembelajaran praktik terpaksa dihapuskan dan diganti dengan tugas lain padahal pelajaran praktik tidak bisa dijelaskan hanya dengan materi atau digantikan. Beberapa keluhan dari pelajar maupun mahasiswa terhadap hal ini menjadi semakin membesar ketika diakhir tahun ajaran mereka dihadapkan ujian. Mereka kerap mengatakan bahwa tidak mengerti akan soal yang ada pada ujian, akhirnya mereka memilih untuk mengisi kertas jawaban sembarangan atau mencari jawaban secara online disitus lain. Hal ini sangat disayangkan demi keberlangsungan kualitas pendidikan generasi muda bangsa.

 

Dampak Positif Dari Pembelajaran Daring

Tidak semua berdampak negatif terhadap pembelajaran daring akan tetapi ada juga dampak positif yang sangat membantu pelajar ketika belajar seperti mereka memiliki kesempatan untuk banyak mempelajari hal baru dengan menggunakan platform internet yang ada. Dampak positif dari pembelajaran daring diantaranya memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan tugas, tidak perlu pergi ke kampus, bahkan perkuliahan dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Selain itu baik pelajar juga memiliki cara tersendiri untuk menanggulangi masalah mentalnya seperti dengan bersikap santai terhadap semua hal yang dijalaninya, menghibur diri sendiri, bercerita kepada orang terdekat, dan lain sebagainya, sedangkan  mahasiswa yang memiliki gangguan serius pada mentalnya, ia akan lebih memilih untuk ke psikolog atau psikiater

 

Langkah Yang Tepat Bagi Kita Untuk Tidak Terbawa Dampak Negatif Bagi Pembelajaran Daring

Kita dapat memotivasi diri dan orang disekitar kita untuk tetap bersemangat ditengah pembelajaran daring ini. Apabila orang disekitar kita atau diri kita sendiri mengalami tanda-tanda gejala PTSD sebaiknya segera menenangkan diri dan memberi jeda waktu untuk berlibur. Tidak perlu liburan jauh cukup dengan berjalan kaki disekitar rumah atau mengelilingi kota disela-sela waktu pembelajaran daring. Kita juga harus peduli akan kesehatan mental dan fisik kita agar tetap terhindar dari Covid 19. Cobalah untuk bersantai dan berdamai dengan keadaan, karena tidak semua kejadian memiliki dampan negatif saja akan tetapi ada juga hikmah dari kejadian tesebut. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline