(20/08) - Pemanfaatan Media Sosial dalam mewujudkan kesadaran terhadap melindungi alam yang semakin rusak dengan hadirnya digital campagin sebagai bentuk aksi nyata dalam menyadarkan masyarakat dalam menjaga alam di era tekonlogi.
Digital Campaign merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital untuk mencapai tujuan tertentu. Kegiatan ini menggunakan berbagai platform atau saluran digital, seperti website, media sosial, email, iklan online, dan konten digital lainnya. Untuk melaksanakan digital campaign, diperlukan perencanaan strategi yang terperinci, mulai dari penentuan tujuan campaign, segmentasi target audiens, pengembangan pesan yang akan disampaikan, hingga pemilihan saluran pemasaran digital yang tepat. Hal tersebut dilakukan oleh Komunitas Kejar Mimpi Semarang.
Kegiatan digital campaign ini merupakan salah satu serangkaian dari kegiatan 4th anniversary Kejar Mimpi Semarang yang memiliki serangkaian acara menarik dalam menyuarakan pendapatnya melalui panggilan kepada pemuda untu menjadi bagian relawan dari aksi kampanye pemeliharaan alam. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh volunteer di seluruh Indonesia untu memberikan seruan di media sosial mengenai lingkungan alam yang ada di sekitar.
Adapun serangkaian kegiatan ini diawali dengan open recruitment volunteer digital campaign, kemudian welcoming party sebagai bentuk penyambutan volunteer, pelaksanaan digital campaign, dan diakhiri dengan graduation volunteer digital campaign. Pelaksanaan open recruitment ini dilakukan dari tanggal 14 Juli hingga 01 Agustus 2023, dilanjut dengan kegiatan welcoming party pada tanggal 08 Agustus 2023, aksi digital campaign dari tanggal 09 - 16 Agustus 2023, dan ditutup dengan graduation digital campaign pada tanggal 17 Agustus 2023.
Sebelum melaksanakan digital campaign, segenap volunter mengikuti welcoming party, dimana acara tersebut menyambut para volunteer untuk melaksanakan tugasnya dalam mengkampanyekan suaranya di media sosial. Selanjutnya, teman-teman volunteer diarahkan oleh member Kejar Mimpi Semarang untuk membuat rencana dan strategi dalam pembuatan digital campaign tersebut. Rencana dan strategi inilah yang menjadikan teman-teman volunteer untuk memberikan ide dan suara terbaiknya dalam mengkampanyekan sebuah gagasan berupa pengetahuan tentang hutan mangrove, dimulai dari pengertian hutan mangrove, spesies yang ada di hutan mangrove, kerusakan alam yang terjadi akibat ulah manusia, dan materi lainnya yang berkaitan dengan alam dan hutan mangrove.
Pada pembuatan konten, segenap volunteer digital campaign membuat materi, untuk karya dari masing-masing volunteer juga tidak lupa untuk memposting di feed instagram pribadi, dan dipublikasikan ke media sosial masing-masing, kemudian akan di repost oleh admin @kejarmimpi_semarang untuk memperluas jaringan informasi dan komunikasi. Karya yang diunggah cukup beragam, mulai dari manfaat tanaman bakau, manfaat adanya hutan mangrove, pencemaran air, pengenalan ruang terbuka hijau, informasi seputar rumput laut, dan masih banyak lagi karya dari teman-teman volunteer.
Setelah pelaksanaan digital campaign selesai, tibalah saatnya kegiatan terakhir digital campaign, yaitu graduation volunteer digital campaign. Pada graduation ini, seluruh teman-teman volunteer telah selesai melaksanakan tugasnya sebagai volunteer dalam pelaksanaan digital campaign. Sebagai bentuk apresiasi, tim Kejar Mimpi Semarang memberikan apresiasi kepada 3 volunteer dengan karya terbaik, yaitu Nabila Fadia Putri (instagram: @_fadianabila), Fatimah Prihandayani (instagram: @Imaaa1910), dan Akbar Pratama. Dari ketiga konten terbaik, diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat milenial dan masyarakat umum mengenai kegiatan digital terbaik.