Lihat ke Halaman Asli

Press Release KKN Tematik UNS Kelompok 371: Penanggulangan Sampah Rumah Tangga di Brebes

Diperbarui: 6 September 2022   06:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Tematik UNS Kelompok 371

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian mahasiswa Universitas Sebelas Maret kepada masyarakat, dengan terjun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas. Program Kuliah Kerja Nyata UNS dilaksanakan di berbagai desa, salah satunya di Desa Tembelang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes oleh Kelompok 371. 

 

Program kerja kelompok 371 berfokus dalam pengembangan sumber daya manusia pada bidang pertanian, lingkungan, dan pendidikan di Desa Tembelang. Kelompok 371 menyusun tujuh program kerja yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 45 hari. Sasaran utama dari ketujuh program kerja ini mulai dari Pendidikan Usia Dini, Taman Kanak-kanak  dan Sekolah Dasar serta masyarakat umum Desa Tembelang. 

Salah satu program kerja utama dari kelompok 371 ialah pengadaan tempat sampah. Masyarakat memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan karena tidak adanya fasilitas tempat sampah.di fasilitas umum Desa Tembelang. Oleh karena itu, mahasiswa kelompok 371 berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Pemuda Karang Taruna Tunas Harapan Desa Tembelang untuk mengupayakan pengadaan tempat sampah sebagai jawaban  permasalahan tersebut.

 

Pengadaan tempat sampah ini dilakukan dengan mendistribusikan bak sampah karet sejumlah 30 buah di fasilitas umum Desa Tembelang. Tempat-tempat tersebut di antaranya balai desa, masjid, dan mushola. Sedangkan pada instansi pendidikan seperti PAUD, madrasah, dan SD, kelompok 371 mendistribusikan sebanyak 14 buah. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat setempat dan masyarakat merasa bersyukur akan adanya bantuan ini.

Selain menempatkan di fasilitas umum Desa Tembelang, kelompok 371 juga mendistribusikan ke sekolah dasar, yaitu di SD N 1 Tembelang dan SD N 2 Tembelang. Kegiatan ini tidak sekedar memberikan bak sampah saja, tetapi kelompok 371 ingin meningkatkan kreativitas dari siswa dengan cara melukis bak sampah agar lebih menarik sesuai dengan ide para siswa. Siswa-siswi baik dari SD N 1 Tembelang dan SD N 2 Tembelang merasa antusias dan senang atas kegiatan melukis bak sampah.  Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mengajak siswa agar tidak agar tidak membuang sampah sembarangan.

KKN Tematik UNS Kelompok 371

KKN Tematik UNS Kelompok 371




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline