Lihat ke Halaman Asli

Fathiana Nurussaadah

Ibu dari satu anak sholehah

Koneksi antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Diperbarui: 29 September 2021   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandangan Ki Hajar Dewantara terkait dunia Pendidikan adalah "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" dimana seorang pendidik tidak hanya mengajar peserta didiknya saja melainkan menjadi seorang panutan dalam segala hal yang ditiru dan dicontoh oleh setiap peserta didiknya, dapat membimbing serta menuntun peserta didiknya dengan tidak melupakan kodrat yang menyertainya yakni kodrat zaman dan alam yang melekat pada diri peserta didik dengan segala keunikannya. Memberikan semangat dan motivasi kepada peserta didik.

Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. KHD memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya. 

Sebagai seorang pemimpin pembelajaran kita harus bisa memutuskan berbagai macam hal yang berkaitan dengan pembelajaran dengan melihat keberagaman peserta didik serta tujuan yang ingin dicapai. 

Seringkali kita dihadpkan pada situasi dilema etika ynag mengharuskan kita untuk memilih 1 diantara dua pilihan, hal yang dapat guru lakukan adalah dengan mengingat kembali terkiat 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip berpikir dan 9 langkah pengambilan keputusan.

4 Paradigma dilema etika:

  • Individu lawan masyarakat (individual vs community)
  • Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)
  • Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
  • Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

3 Prinsip berpikir:

  • Berpikir berbasis hasil akhir
  • Berpikir berbasis peraturan
  • Berpikir berbasis kepedulian

9 langkah pengambilan keputusan:

1. Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini.

2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.

3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.

4. Pengujian benar atau salah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline