Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) ini berlangsung selama kurang lebih empat bulan, dari tanggal 29 Juli 2024 hingga 13 Desember 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Rambutan 03 Pagi yang berlokasi di Jl. SD Inpres No.1, RT 04 RW 03, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. SDN Rambutan 03 Pagi dipilih sebagai lokasi kegiatan PLP karena posisinya yang strategis, berada dalam jangkauan wilayah kampus, dan telah memenuhi kriteria sekolah mitra. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa mendapat arahan langsung dari Pak Yamin, M.Pd., selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
PLP ini dilakukan secara berkelompok oleh mahasiswa Program Studi PGSD FKIP UHAMKA. Kelompok mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini terdiri atas delapan orang, yaitu:
- Fathan Faqih Ali (2101025289)
- Della Havilah (2101025120)
- Rifana Damayanti (2101025085)
- Najwa Apriliani Azahra (2101025162)
- Zulfa Della Affifah (2101025109)
- Rumaisha Rahmah (2101025189)
- Soya Amelia Putri (2101025205)
- Rivanda Isnichaeni Chandra (2101025200)
Pengenalan Lapangan Persekolahan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program sarjana pendidikan, yang berfokus pada praktik mengajar langsung di sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan kompetensi pedagogik yang telah dipelajari selama enam semester sebelumnya. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA mengumpulkan berbagai informasi di SDN Rambutan 03 Pagi melalui observasi dan kegiatan lain untuk memperoleh wawasan mendalam.
Selama program ini, mahasiswa mempelajari berbagai aspek seperti kondisi sosial sekolah, proses pembelajaran, pengelolaan kelas, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, penanganan siswa dengan beragam karakteristik dan kesulitan belajar, serta pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) yang menjadi bagian dari Kurikulum Merdeka. Program ini memberikan pengalaman berharga yang membantu mahasiswa mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta membentuk kemampuan sebagai calon pendidik profesional di Indonesia.
Kehadiran mahasiswa disambut dengan baik oleh kepala sekolah dan para guru di SDN Rambutan 03 Pagi. Selama pelaksanaan kegiatan, mahasiswa mendapatkan bimbingan dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, yang meliputi modul pembelajaran, pengembangan bahan ajar, media pembelajaran interaktif, lembar kerja siswa, penilaian (pengetahuan, sikap, dan keterampilan), serta lembar penilaian harian. Perangkat pembelajaran ini merupakan elemen penting untuk memastikan pembelajaran berjalan sesuai tujuan, sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. Mahasiswa juga diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan karakteristik siswa dan menjaga kondisi kelas tetap kondusif.
Dalam proses pembelajaran, mahasiswa menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sarana dan prasarana serta kurangnya ruang kelas. Hal ini menyebabkan beberapa kelas, seperti kelas 4A dan 4B, harus bergantian menggunakan ruang serbaguna pada hari tertentu. Selain itu, durasi jam pelajaran yang singkat juga menjadi hambatan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.