Lihat ke Halaman Asli

Fathan Azzhafrani

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Sastra Inggris Universitas Diponegoro

Revolusi Booklet oleh KKN Tim 2 Undip: Karang Taruna Kelurahan Beji Siap Terbang dengan Promosi Desa

Diperbarui: 5 Agustus 2023   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Undip Melaksanakan Pelatihan Bersama Karang Taruna Kelurahan Beji Tentang Pembuatan Booklet (30/07/2023)

Wonogiri (31/07/2023), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) telah melaksanakan kegiatan pelatihan kepada Karang Taruna Kelurahan Beji. Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip adalah memberikan instruksi dan panduan dalam pembuatan booklet berbahasa Inggris sebagai sarana promosi untuk desa mereka. Pelatihan ini berlangsung di Ruang Serbaguna Lingkungan Pudak, Kelurahan Beji, Kecamatan Nguntoronadi dan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2023.

Alasan dari terbentuknya kegiatan ini adalah adanya informasi dari KWT Pelangi yaitu KWT(Kelompok Wanita Tani) yang berada di Kelurahan Beji ini yang mana banyak nya pembeli yang berasal dari mancanegara akan hasil bumi (buah dan rempah-rempah) asli dari kelurahan ini, serta adanya tujuan untuk membuat Kelurahan ini menjadi desa agrowisata. Oleh karenanya, Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberdayakan Karang Taruna, sebuah organisasi pemuda di desa tersebut, dalam mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris dan merancang booklet yang menarik untuk mempromosikan potensi desa mereka kepada wisatawan dalam dan luar negeri, investor, dan masyarakat luas. Dari pelatihan pembuatan booklet ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan pembuatan karya tulis serta minat pribadi anggota Karang Taruna dalam penciptaan tulisan yang dapat dicetak.

Mahasiswa KKN Undip yang menyampaikan pelatihan merupakan mahasiswa dari jurusan sastra inggris. Diawali dengan penyampaian presentasi tentang pentingnya booklet berbahasa Inggris sebagai alat promosi desa. Mahasiswa juga memberikan contoh booklet yang berhasil dipakai di berbagai tempat pariwisata. Selanjutnya mahasiswa memberikan panduan langkah demi langkah dalam pembuatan booklet berbahasa Inggris kepada anggota Karang Taruna. Mahasiswa mengajarkan cara mengumpulkan informasi, teknik desain grafis, tata letak, dan pemilihan gambar dan teks yang menarik. Pelatihan juga mencakup cara menulis teks dengan bahasa Inggris yang jelas dan informatif.

Setelah pelatihan selesai, mahasiswa KKN Undip membantu anggota Karang Taruna dalam merancang dan mencetak booklet pertama mereka. Booklet tersebut berisi informasi tentang deskripsi umum, peta, potensi, kegiatan budaya, mata pencaharian masyarakat, dan karakteristik sosial. Booklet tersebut akan menjadi media promosi yang bisa didistribusikan ke berbagai tempat, termasuk kantor kelurahan, KWT Pelangi sebagai salah satu tempat yang sering didatangi oleh pembeli dari luar negeri, dan acara-acara promosi.

Para anggota Karang Taruna sangat antusias dalam mengikuti acara pelatihan ini dan berharap booklet berbahasa Inggris tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri sserta meningkatkan perekonomian Kelurahan Beji melalui promosi produk lokal. Melalui kegiatan pelatihan ini, mahasiswa KKN Undip telah berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat setempat dan meningkatkan kesadaran akan potensi wisata dan ekonomi di Kelurahan Beji. Diharapkan booklet berbahasa Inggris yang dihasilkan tidak hanya memberdayakan anggota Karang Taruna namun juga mempromosikan keindahan dan daya tarik desa-desa tersebut kepada dunia luar.

Penulis: Muhammad Fathan Azzhafrani, Fakultas Ilmu Budaya/Sastra Inggris, 13020120140161, KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023.

Dosen Pembimbing Lapangan: (1) Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D. (2) Yuli Prasetyo Adhi, S.H., M.Kn.  (3) Dr. Eng. Samuel, S.T., M.T.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline