Lihat ke Halaman Asli

Fatmi Sunarya

TERVERIFIKASI

Bukan Pujangga

Menjelajahi Daerah Pesisir Selatan Menuju Pantai Muko-muko

Diperbarui: 19 Maret 2022   03:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pantai Pandan Wangi/Foto Fatmi Sunarya 

Asam di gunung, garam di laut bertemu dalam satu belanga 

Begitulah, si Asam itu adalah saya yang tinggal di daerah pegunungan dan jika mencari si Garam mesti ke laut terdekat. Di mana laut itu berada? 

Terdekat dari Sungai Penuh/Kerinci bisa ke daerah Pesisir Selatan, Sumatera Barat atau ke daerah Muko-muko, Bengkulu. Ini jalur terdekat, Pesisir Selatan dan Muko-muko satu jalur dari arah barat Sungai Penuh/Kerinci. 

Untuk menikmati laut di Kota Padang, Sumatera Barat terlalu jauh bisa memakan waktu 7 jam atau 14 jam pulang pergi.

Perjalanan saat musim durian di Muaro Sako, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pernah saya tulis dalam artikel "Ada Cinta Segita dalam Lamang Golek dan Menikmati Durian di Sako", dan dari Sako inilah dengan menggunakan kendaraan sepeda motor saya melanjutkan penjelajahan. 

Kondisi cuaca sangat cerah serta jalan lintas provinsi yang bagus, saya melanjutkan perjalanan melewati daerah-daerah yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan (Sumatera Barat) sampai ke Muko-muko (Bengkulu). Peta perjalanan bisa dilihat di bawah ini.

Screenshoot DARI id.toponavi.com

Dari kota tempat saya tinggal, Kota Sungai Penuh sampai ke Muko-muko, Bengkulu berjarak lebih kurang 138 km dengan waktu 3,5 jam. 

Dalam ingatan, saya hapal nama-nama daerah yang dilalui ini karena saya tujuh tahun bekerja di bagian pemetaan dan pembuatan peta digital (Geographic Information System/GIS). Dan juga daerah tetangga ini mempunyai ikatan historis di masa lalu dengan Kerinci. 

Pemandangan desa-desa tua, kebun durian, sawah dan sungai bisa dinikmati sepanjang jalan. Dengan adanya potensi sungai di daerah Sako ini terdapat PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) Sako yang bisa mengaliri listrik untuk 12 ribu rumah dengan daya terpasang 450 watt. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline