Lihat ke Halaman Asli

Fatmi Sunarya

TERVERIFIKASI

Bukan Pujangga

Ketika Dianggap Aneh karena Menyukai Catur

Diperbarui: 24 Maret 2021   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi www.kompasiana.com/topik pilihan

Saya termasuk yang menggemari permainan catur. Semasa Sekolah Dasar (SD), pernah mengikuti lomba dan menang. Ingat, level SD ya. Dulu dianggap aneh, kok anak perempuan suka main catur? Perempuan mestinya suka menari, menyanyi atau ikut lomba peragaan busana. Menari juga suka dan ikut lomba juga. Soal catur, saya sendiri satu-satunya perempuan yang suka catur kala sekolah dulu. 

Kadang aneh, ketika kita mempunyai hobby yang berbeda dari kebanyakan sering dianggap aneh. Hmm, sama halnya jika saya suka olahraga panjat tebing. Satu hal lagi mendaki gunung, itu olahraga lho. Tapi, buat perempuan pendaki sering dianggap "perempuan bebas".  Lha perginya ramai-ramai dan bukan sebagai pendaki solo atau duo he he. Lupakan sajalah, pandangan orang yang dangkal itu.

Yang mengajari catur pertamakali adalah abang saya. Dan saya selalu kalah olehnya walaupun saya sudah sering ulang-ulang langkah. Pas mau skak, saya akan minta ulang walaupun akhirnya kalah juga. Tiap malam habis belajar, pasti saya main catur. Walaupun tidak pernah menang dan diakhiri dengan pertengkaran kecil bahwa yang kalah mesti membereskan dan menyimpan papan catur.

Di emperan toko atau trotoar, saat saya mengikuti pendidikan di kota Pekanbaru (Riau), berjejeran pemain catur menantang main. Saya yang lugu, merengek-rengek kepada kakak perempuan saya untuk memperbolehkan saya main catur. "Eh gila kamu ya, itu pakai taruhan," ujar kakak saya. Omg, ngga jadi akhirnya.

Teknik khusus main catur saya tidak punya dan juga tidak terlalu menguasai. Langkah pertama saya selalu buka jalan untuk sang ratu menjalankan tugasmya dan menjaga raja dengan pertahanan berlapis. Permainan catur mengasyikan, apalagi ada aplikasi permainan catur yang bisa di download di HP maupun komputer.

Foto dokpri

Terakhir, beberapa bulan yang lalu saya menjajal permainan catur dengan rekan kantor. Dan saya menang. Sempat dijadikan meme di whatsapp group kantor. Seperti pada foto di artikel ini. Anda ingin  mengajak main catur ? Saya sih oke saja. Olahraga catur bagus untuk otak kita, kemampuan berpikir, daya ingat, konsentrasi dan cara memecahkan masalah. Katanya bagus juga untuk mencegah penyakit Alzheimer. Ayo bermain catur...

FS, 24 Maret 2021




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline