Lihat ke Halaman Asli

MARITA RESTYANI

mahasiswa s1 Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah IBNU SINA

Bulan Muharrom dan Peristiwa Penting di Dalamnya

Diperbarui: 17 Juli 2023   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maritarestyani803@gmail.com

Bulan Muharram dan Peristiwa Penting di Dalamnya

Oleh : Marita Restyani *

Bulan Muharram merupakan bulan yang memiliki keutamaan , Muharrom juga termasuk salah satu dari 4 bulan yang diharamkan yakni sebagaimana yang tertuang dalam surah at-Taubah ayat 36, yang berbunyi, "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.

Dinamakan bulan Haram menurut Al Qodhi Abu Ya'la merujuk pada dua makna. Pertama, ada pengharaman pembunuhan pada keempat bulan tersebut. Kedua, larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan lainnya

Muharrom adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah, yang merupakan kalender yang digunakan oleh umat Islam. Bulan ini memiliki banyak peristiwa penting dan makna yang mendalam bagi umat Muslim di seluruh dunia. Beberapa periswtiwa penting itu ialah :

1. Hari  Pertama dalam Kalender Hijriyah

Hari pertama bulan Muharram menandai awal tahun baru Hijriyah. Umat Muslim di seluruh dunia mengambil kesempatan ini untuk merenungkan masa lalu, merefleksi diri serta menata rancangan masa depan, dan memperbaiki diri. Mereka juga menyiapkan diri untuk terus berbuat baik dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

2. Peristiwa Hijrah

Peristiwa Hijrah adalah perpindahan Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hijrah tidak hanya mengubah nasib umat Islam, tetapi juga menjadi tonggak sejarah bagi perkembangan agama Islam didunia. Umat Muslim mengenang peristiwa ini sebagai momen penting yang menunjukkan keberanian, ketabahan, dan kepercayaan dalam menghadapi tantangan.

3. Peringatan hari Asyura

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline