A. PENDAHULUAN
Essay ini dibuat untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di masa pandemi Covid 19. Pada tahun 2019 kita dikejutkan dengan munculnya sebuah virus di Cina yang sangat mematikan, yaitu Covid-19. Lalu, pada tahun 2020 virus tersebut menyebar luas hingga Indonesia mendapat dampaknya. Banyak perubahan yang terjadi setelah virus ini menyebar luas, salah satunya di bidang pendidikan.
Pemerintah membuat sebuah kebijakan agar sekolah-sekolah melakukam pembelajaran jarak jauh dari rumah. Di pembelajaran jarak jauh ini media teknologi khususnya smartphone memiliki peran penting sebagai media pembelajaran anak dirumah.
Salah satu yang paling penting adalah pemahaman teknologi, karena teknologi merupakan media yang paling penting sebagai media pemeblajaran jarak jauh ini.
Smartphone salah satu media teknologi yang sangat berpengaruh sebagai media pembelajaran di masa pandemi seperti ini. Maka dari itu dengan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran ini, peserta didik mampu meningkatkan kualitas belajarnya walaupun terjebak dengan situasi pandemi.
Pembahasan ini juga dikaitkan dengan perspektif fungsionalisme Durkheim. Dimana pemikiran perspektif stuktural fungsional meyakini bahwa tujuan pendidikan adalah mensosialisasikan generasi muda menjadi anggota masyarakat untuk dijadikan tempat pembelajaran, mendapatkan pengetahuan, perubahan perilaku dan penguasaan tata nilai yang diperlukan agar bisa tampil sebagai bagian dari warga negara yang produktif.
Dalam perspektif teori fungsional struktural ini masyarakat merupakan suatu sistem sosial yang terdiri atas bagian-bagian atau elemen yang saling berkaitan dan saling menyatu dalam keseimbangan . perubahan yang terjadi pada suatu bagian akan membawa perubahan pula terhadap bagian yang lain (Maunah, 2016).
B. ISI
Dunia ini telah digemparkan dengan munculnya sebuah virus yang mematikan, yaitu corona virus ( COVID 19 ). Virus ini pertama kali muncul pada tahun 2019 di negara Cina, sampai akhirnya Indonesia juga terpapar virus ini. Banyak sekali aspek yang dirugikan akibat virus ini menyebar luas. Masyarakat pun terhambat dalam melakukan aktivitas mereka. Salah satu aspek yang dirugikan adalah pendidikan, pemerintah langsung mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan kebijakan.
Kebijakan tersebut mengharuskan sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Untuk itu kita diharuskan juga untuk memahami media teknologi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh ini.
Sebenarnya anak merasa tertekan oleh kebijakan ini, karena ada beberapa kendala bagi mereka yang memang mengharuskan mereka melakukan pembelajaran dari rumah. Pada pembahasan ini kita akan membahas salah satu media teknologi yaitu smartphone dalam peningkatan kualitas belajar peserta didik di masa pandemi Covid 19.