Lihat ke Halaman Asli

Wisata Pantai Teluk Asmara di Malang Kembali Dibuka di Tengah PPKM

Diperbarui: 25 November 2021   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pantai Teluk Asmara menjadi salah satu destinasi ekowisata yang belakangan ini menjadi pembahasan di kalangan masyarakat sekitar Malang. Pantai yang terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang ini memiliki jarak sekitar 73 km dari pusat Kota Malang. 

Akses jalan yang harus dilalui setelah melewati gapura bertuliskan Pantai Teluk Asmara masih berbatu dan saat tiba di lokasi loket tiket masuk, para pengunjung masih harus menaiki tangga, kemudian kita sudah disuguhi dengan pemandangan dari gugusan pulau-pulau kecil yang berada di depan bibir Pantai Teluk Asmara. 

Warna air lautnya terlihat masih jernih, biru kehijauan, sehingga pesona Pantai Teluk Asmara seringkali dikaitkan kemiripannya dengan Raja Ampat. Aksesibilitas jalan menuju lokasi, dianggap wajar apabila kurang memuaskan bagi pengunjung, karena objek wisata ini baru diresmikan pada 2017.

"Harga tiket masuknya menurut Saya terjangkau, sih, dan fasilitas kayak food court, tempat salat, toilet juga sudah memadahi," ucap salah seorang pengunjung Pantai Teluk Asmara saat ditanyai mengenai amenitas yang tersedia di tempat objek wisata tersebut. 

Hanya dengan membayar 10 ribu rupiah untuk tiket masuk, dan 5 ribu untuk biaya parkir Kendaraan roda dua, dan 10 ribu untuk biaya parkir kendaraan roda empat, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan pantai Teluk Asmara. 

Pantai Teluk Asmara sempat ditutup total selama masa awal PPKM dimulai, sekitar bulan Juli -- September 2021, yang kemudian dibuka kembali pada bulan Oktober. Pengunjung ramai berdatangan saat akhir pekan tiba, terlihat beberapa kelompok keluarga yang asik menggelar acara piknik di lokasi objek wisata tersebut.

Meskipun di tengah Pandemi dan PPKM yang berlaku, namun untuk memasuki kawasan Pantai tidak memerlukan bukti sertfikat vaksinasi maupun test Antigen atau CPR, melainkan cukup memenuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. 

Para pengunjung yang hadir, tidak hanya untuk melakukan agenda piknik, namun ada juga beberapa orang yang memasang tenda kemah di sekitar kawasan Pantai. 

Para pengunjung yang hadir tentu saja mengincar spot-spot foto yang estetik saat datang ke Pantai Teluk Asmara. "pemandangannya bagus kalau dilihat dari atas, banyak yang bilang seperti di Raja Ampat," Ucap salah satu pengunjung yang ditanyai mengenai daya tarik dari objek Wisata Pantai Teluk Asmara.

 Sama seperti namanya 'Teluk Asmara', dinamakan demikian karena perbukitan di sekitar Pantai, jika diperhatikan bentuknya terlihat mirip dengan tanda hati. Selain itu, terdapat tiga pantai yang jaraknya berdekatan dengan pantai Teluk Asmara, diantaranya ada pantai Tiga Warna, Pantai Clungup, dan Pantai Goa Cina yang juga dapat dikunjungi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline