Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Farukh Zihni

Universitas Mercu Buana Jakarta | NIM 42321010067

Keterkaitan Kepemimpinan, Disiplin, dan Manajemen Waktu

Diperbarui: 31 Maret 2023   09:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by fauxels: https://www.pexels.com/photo/photo-of-people-sitting-beside-table-3182755/

Nama Dosen: Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

NIM: 42321010067

Nama: Muhammad Farukh Zihni

Kampus: Universitas Mercu Buana

Pendahuluan

Kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu adalah tiga faktor kunci dalam membangun kebiasaan kerja yang efektif. Ketiganya saling berhubungan dan dapat bekerja satu sama lain untuk membantu individu mencapai tujuannya dan meningkatkan potensi dirinya serta produktivitas dalam bekerja.

Kepemimpinan yang baik dapat memotivasi dan membimbing individu untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan. Selain itu, bimbingan juga dapat membantu individu mengembangkan keterampilan dan kemampuan baru yang akan sangat berguna di tempat kerja. Di sisi lain, disiplin yang kuat akan membantu individu untuk menghindari penundaan dan kesalahan yang dapat menghambat progres pekerjaan. Dengan disiplin yang baik, individu dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efektif dan efisien.

Manajemen waktu yang baik juga sangat penting guna membangun kebiasaan kerja yang efektif. Mengelola jadwal tugas dan aktivitas dengan baik memungkinkan individu menyelesaikan tugas tepat waktu. Manajemen waktu yang baik juga dapat membantu individu memprioritaskan tugas yang paling penting dan menurunkan prioritas tugas yang tidak terlalu penting.

Dalam artikel ini, penulis akan membahas mengenai bagaimana ketiga elemen ini dapat bekerja sama untuk membantu individu membangun kebiasaan yang baik dan tentunya akan membantu untuk meningkatkan potensi dirinya sebagai individu. Saya akan membahas mengenai pengertian dari apa itu kepemimpinan, disiplin, dan manajemen waktu. Serta menjelaskan mengapa penting bagi setiap individu untuk memilikinya. Juga di setiap akhir bagian saya akan membagikan bagaimana cara menjalankan ketiga elemen tersebut dengan baik menurut para ahli.

Kepemimpinan

Pertama yaitu ada kepemimpinan. Dalam dunia kerja, akan sangat dibutuhkan seseorang yang dapat melakukan tiga elemen tersebut. Terutama dalam hal kepemimpinan. Dengan memimpin dirinya sendiri, maupun orang lain. Hal tersebut menjadi suatu nilai tambah bagi yang setiap individu yang memilikinya. Oleh karena itu, mari kita kenali apa sih "kepemimpinan" itu.

Definisi Kepemimpinan

Kepemimpinan (Leadership) berasal dari kata 'Lead' yang berarti memimpin atau mengarahkan. Leadership merujuk pada kemampuan seseorang untuk memimpin atau mengarahkan individu atau kelompok dalam mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan juga dapat diartikan sebagai suatu proses atau aktivitas yang membutuhkan atau melibatkan pengarahan, pengelolaan sumber daya, dan juga motivasi untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Chemers, M. M. (2014). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline