Lihat ke Halaman Asli

farsya octavizzanie kareff

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Telkom University

Perjalanan Sejarah Otopet di Indonesia, Penemuan Awal hingga Tren Masa Kini

Diperbarui: 12 November 2023   19:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

by writer at Museum Sribaduga

Otopet, yang kini tak hanya sekadar mainan anak-anak, telah melintasi batas fungsionalitasnya dan merambah ke ranah mobilitas perkotaan di Indonesia. Kehadirannya yang pertama kali pada awal tahun 2000-an menandai perubahan dalam pola transportasi masyarakat. Di balik desain sederhananya yang terdiri dari satu papan, dua roda, dan pegangan tangan, tersembunyi jejak evolusi yang menarik dan peran yang semakin krusial.

Sejak diperkenalkan, otopet tidak lagi terbatas pada kesenangan anak-anak di taman bermain, melainkan telah menjadi alat transportasi pribadi yang diminati oleh berbagai kelompok usia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana otopet menemukan tempatnya di mobilitas Indonesia, menyingkap faktor-faktor yang memengaruhi perubahan citranya dari mainan menjadi sarana transportasi. Tidak hanya sebatas pada sejarah, kita juga akan melakukan evaluasi mendalam terhadap dampak otopet terhadap pola mobilitas di perkotaan Indonesia. Dari kesejahteraan lingkungan hingga tantangan keamanan yang dihadapi pengguna, essay ini bertujuan untuk memberikan pandangan komprehensif terkait perjalanan otopet di Indonesia dan refleksi tentang arahnya ke depan.

Otopet pertama kali ditemukan oleh Wim Ouboter, seorang pengusaha asal Swiss, pada tahun 1996. Ouboter menciptakan otopet sebagai solusi untuk mobilitas perkotaan yang lebih efisien dan praktis. Inspirasi datang ketika Ouboter merasa kesulitan untuk berjalan kaki atau berkendara sepeda di jarak pendek, seperti pergi ke stasiun kereta atau toko terdekat.

Pada tahun 1999, Ouboter mendirikan perusahaan bernama Micro Mobility Systems dan memulai produksi otopet secara massal. Desain sederhana yang terdiri dari satu papan, dua roda, pegangan tangan, dan rem membuat otopet menjadi alat transportasi yang ringan dan mudah digunakan.

Otopet mendapatkan popularitas yang pesat di Eropa dan Amerika Utara pada awal tahun 2000-an. Awalnya, otopet lebih diidentifikasi sebagai alat rekreasi untuk anak-anak, tetapi segera merambah ke kalangan dewasa sebagai sarana transportasi alternatif. Kepraktisannya dalam berkendara di perkotaan yang padat membuat otopet diminati oleh banyak orang.

Otopet pertama kali masuk ke Indonesia pada awal tahun 2000-an. Meskipun pada awalnya hanya dikenal sebagai mainan anak-anak, munculnya berbagai merek dan model otopet dengan desain yang menarik dan warna-warna cerah memberikan daya tarik tersendiri bagi kalangan muda. Otopet menjadi sebuah tren, sering digunakan untuk bermain di area terbuka dan lingkungan perumahan sebagai sarana transportasi alternatif. Kepopuleran otopet di Indonesia semakin meningkat, terutama di perkotaan yang padat penduduk.

Otopet pertama kali ditemukan pada tahun 1996 oleh Wim Ouboter, seorang pengusaha asal Swiss. Ouboter mendesain otopet sebagai sarana transportasi yang efisien dan praktis untuk mobilitas kota. Kemudian, pada tahun 1999, otopet pertama kali diproduksi secara massal oleh perusahaan Micro Mobility Systems, yang didirikan oleh Ouboter.

Seiring berjalannya waktu, otopet di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Pada awalnya, otopet lebih banyak digunakan oleh anak-anak sebagai alat bermain, tetapi seiring dengan kesadaran akan pentingnya transportasi yang ramah lingkungan, otopet mulai diadopsi oleh kalangan dewasa. Pada tahun 2010-an, otopet semakin populer di kalangan pekerja kantoran dan mahasiswa sebagai sarana transportasi sehari-hari.

Seiring dengan meningkatnya popularitas otopet di kalangan anak-anak, merek-merek lokal mulai ikut serta dalam mengembangkan pasar. Merek-merek seperti Ayo Otopet menjadi populer dengan berbagai inovasi dalam desain, material, dan fitur tambahan seperti lampu LED, desain papan yang unik, dan pegangan yang ergonomis.

Meskipun otopet mendapatkan penerimaan yang positif, masih ada tantangan terkait infrastruktur dan keselamatan. Beberapa kota di Indonesia mulai merespons dengan menyediakan jalur khusus otopet atau jalur sepeda. Namun, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi para pengguna otopet, terutama di jalan raya yang padat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline